PEREDARAN DARAH MANUSIA

Tau Gak Teman Bahwa Peredaran Darah Manusia Juga Ada Kemungkinan Munculnya Kelainan Atau Penyakit

Peredaran Darah Manusia
Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah tertutup & ganda. Tertutup artinya dlam peredarannya darah selalu mengalir di dlam pembuluh darah. Ganda artinya dlam satu kali beredar, darah melalui jantung sebanyak dua kali sehingga terdapat peredaran darah besar dan kecil.
  • Peredaran kecil yaitu yg dimulai dari jantung (bilik kanan) melaluli arteri pulmonalis menuju ke paru-paru, kemudian melalui vena pulmonalis kembali ke jantung (serambi kiri).
  • Peredaran besar yaitu dari jantung (bilik kiri) melalui aorta menuju ke seluruh tubuh, kemudian melalui vena cava kembali ke jantung (serambi kanan).

Jantung, Sebagai Mesin Peredaran Darah Manusia


Jantung berperan sebagai pemompa dlam sistem transfortasi darah. Dua rongga atas yg disebut dg serambi (atrium) dan dua rongga bawah yg disebut bilik (ventrikel). Jantung memiliki tiga katup, yaitu:
  1. Katup vena semilunair yg terletak pada pangkal aorta (arteri besar)
  2. Katup valvula bikuspidalis yg terletak antara bilik (ventrikel) kiri & serambi (atrium) kiri
  3. Katup valvula trikuspidalis yang terletak antara bilik kanan & serambi kanan

Pembuluh Darah

Saluran yg keluar dari jantung disebut arteri. Arteri yg berhubungan langsung dg jantung  yaitu Arteri pulmonalis dan Aorta. Arteri pulmonalis membawa darah kaya CO2 menuju paru-paru dan aorta adalah arteri terbesar yg mengalirkan darah dari jantung (bilik/ventrikel kiri) menuju ke seluruh tubuh.

Saluran yg menuju ke jantung disebut vena. Pada jantung terdapat tiga buah vena yg berhubungan langsung dg jantung atrium yaitu vena cava superior, vena cava inferior & vena pulmonalis. Vena cava superior adalah vena yg membawa darah dari organ tubuh bagian atas menuju ke jantung,vena cava inferior adalah vena yg membawa darah dari organ tubuh bagian bawah menuju ke jantung sedangkan vena pulmonalis adalah vena yg membawa darah kaya oksigen dari paru-paru menuju ke jantung.

Tekanan darah manusia pada orang dewasa yg normal adalah 120/80 mmHg. Nilai 120 mmHg menunjukkan tekanan darah saat ventrikel berkontraksi disebut tekanan sistol. Nilai 80 mmHg menunjukkan tekanan darah saat ventrikel relaksasi disebut tekanan diastol.

Pembuluh darah manusia terdiri dari pembuluh darah nadi (arteri), pembuluh balik (vena) & kapiler.
  • Arteriole, merupakan pembuluh darah kecil yg menghubungkan kapiler dg arteri.
  • Arteri, Arah alirannya meninggalkan jantung. Darah dalam arteri kaya akanoksigen kecuali arteri paru-paru, letak pembuluh ini agak dalam dari permukaan kulit
  • Arteriole, merupakan pembuluh darah kecil yg menghubungkan kapiler dg arteri.
  • Vena, berfungsi tuk mengalirkan darah dari kapiler menuju jantung. Dindingnya tipis dan kurang elastis. Arah aliran darah dalam vena menuju ke jantung. Darah di dalam vena kaya akan CO2 kecuali vena paru-paru. Letak pembuluh vena dekat dg permukaan kulit
  • Kapiler, berupa saluran tipis yg memungkinkan terjadi pertukaran zat antara darah dg sel jaringan tubuh. Pada saat darah berada di kapiler, terjadi pertukaran gas oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2). Oksigen dari darah berdifusi ke sel-sel tubuh sedangkan karbon dioksida dari selsel tubuh berdifusi ke dalam darah.
  • Arteriole, merupakan pembuluh darah kecil yg menghubungkan kapiler dg arteri.

Darah

Darah manusia berwarna merah karena mengandung hemoglobin. Hemoglobin berfungsi tuk mengankut oksigen & karbondioksida. Darah sendiri terbagi menjadi dua, yaitu plasma darah dan sel-sel darah (eritrosit, leukosit dan trombosit)

Kelainan

Beberapa kelainan pada sistem peredaran darah manusia, adalah sebagai berikut:
  • Serangan jantung, ditandai dg sakit pada bagian dada, gelisah, pucat, dan kulit terasa dingin. 
  • Serangan jantungnya hebat dan tak segera mendapat pertolongan dapat menimbulkan gagalnya jantung memompa darah. Faktor-faktor yg meningkatkan resiko terkena serangan jantung adalah tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, merokok, penyakit diabetes melitus, kegemukan, dan kurang olahraga.
  • Anemia, merupakan keadaan tubuh yg kekurangan hemoglobin ato sel darah merah. Kadar hemoglobin yg rendah menyebabkan tubuh kekurangan oksigen sehingga tubuh akan terasa lesu, kepala pusing, dan muka pucat. Perdarahan yg berat juga dapat mengakibatkan anemia. Selain itu anemia dapat terjadi akibat terganggunya produksi eritrosit.
  • Pelebaran vena pada bagian anus disebut wasir ato ambeian.
  • Varises, yaitu pelebaran pembuluh vena terutama di bagian kaki. Pada varises yg parah, pembuluh vena tampak melebar dan berkelok-kelok. Varises disebabkan oleh cacat/kerusakan pada katup vena sejak lahir. Varises juga sering terjadi karena bertambahnya beban vena akibat terlalu banyak berdiri, kehamilan, dan sebagainya. Tekanan darah tinggi (hipertensi), yaitu keadaan tekanan darah yg melebihi tekanan normal. Penyebab hipertensi adalah nikotin pada rokok, faktor keturunan, stress, kelebihan berat badan, kelebihan garam, kurang olahraga dan kelebihan obat-obatan.
  • Tekanan darah rendah (hipotensi), yaitu keadaan tekanan darah yg di bawah normal. Gejala hipotensi adalah lesu, pusing, dan gangguan penglihatan, bahkan sampai pingsan. Penyebabnya dapat karena terlalu banyak meminum obat penurun tekanan darah, muntaber, dan pendarahan.

Gimana sudah mengerti tentang peredaran darah manusia? Kalo jawabannya iya, baguusss...

Lihat juga: