JANTUNG KORONER

6 Tips Menarik Yang Perlu Dipraktekkan Bagi Penderita Atau Yang Ingin Terhindar Dari Jantung Koroner

Jantung Koroner
Sebelum membahas tentang kesehatan jantung, mari kita simak lebih dulu apa itu jantung. Coba apa yg pertama kali terlintas di benak kita ketika mendengar kata "jantung"?

Jantung adalah organ yg tetap aktif bahkan selama kita tidur. Sedangkan jantung koroner adalah salah satu penyakit jantung yang mengerikan. Oleh karena itu, kita tak boleh menyepelekan organ jantung ini jika ingin berumur panjang dan selalu sehat.

Oke deh di bawah ini ada enam hal yang perlu diperhatikan bagi penderita koroner maupun orang yang memiliki jantung sehat agar nantinya terhindar dari penyakit koroner ini.

Apa saja kah itu? Lihat saja di bawah!

Atasi Jantung Koroner Dengan Olah Raga


Kita dapat membiasakan diri berolahraga secara teratur dan juga mengonsumsi makanan sehat. Jantung yang sehat sangat erat kaitannya dg apa yg biasa kita makan.

Memang, bagi sebagian masyarakat kota yg hampir seluruh waktunya dihabiskan di tempat duduk kantor dan di depan layar komputer, hal ini cukup sulit. Namun, tak ada salahnya mencoba.

Bangun lebih pagi agar dapat jogging di sekitar tempat tinggal selama 30 menit sudah cukup bagus tuk mengobati ato mencegah penyakit koroner. Jika waktu kita masih tak memungkinkan, pergunakanlah sepeda tuk ke tempat kerja. Masih tak bisa? kita dapat memanfaatkan tangga tuk menjangkau ruang kerja.

Saat libur, manfaatkan tuk aerobic ato fitness. Jika ingin berolahraga berat seperti sepak bola ato bela diri, harus dilakukan setelah pemanasan dg bimbingan instruktur ato teman.

Olahraga lain seperti berenang juga bagus. Intinya, apapun aktivitas kita, usahakan tuk sering bergerak dan sediakan waktu tuk berolahraga demi jantung kita.

Buah-Buahan Dan Sayuran

Pepatah mengatakan "an apple a day keeps the doctor away". Maksudnya, buah-buahan sangat penting untuk kita konsumsi sehari-hari, khususnya jika ingin menendang jauh-jauh jantung koroner.

Sayuran juga sangat dianjurkan. Buah dan sayur mengandung banyak serat, vitamin, & mineral tuk mempertahankan kekuatan jantung dalam bekerja. Jadi, atur ulang menu harian kita agar kebutuhan nutrisi sehari-hari dapat tercukupi.

Gandum Utuh

Gandum utuh merupakan menu wajib bagi kita yg menjalani diet rendah karbohidrat. Selain itu, mengonsumsi gandum utuh juga bermanfaat bagi penderita karena dapat membantu tubuh mengontrol kolesterol serta tekanan darah.

Makanan yg mengandung gandum utuh itu rendah lemak & kaya akan vitamin. Sebuah penelitian mengungkapkan, makan gandum utuh tiga kali sehari dapat mengurangi resiko koroner.

Jika susah mendapatkannya ato harganya relatif mahal, maka dapat diganti dg ketela pohon. Bawang putih & minyak zaitun juga berkhasiat loh, tapi sementara ini belum sempat kami jelaskan yoo. Maaf...

Pangkas Makanan Berlemak

Penyakit ini dapat terjadi jika pembuluh darah tersumbat oleh lapisan lemak sehingga aliran darah jadi terhambat. Lemak dibutuhkan sebab lemak juga merupakan sumber energi. Namun, jika kadarnya berlebihan dlam tubuh, lemak dapat menjadi sumber masalah kesehatan yg cukup serius termasuk bagi jantung kita.  Oleh karena itu, sungguh bijak jika kita mengurangi asupan makanan berlemak.

Air Putih

Terpenuhinya kebutuhan tubuh akan air putih juga wajib dilakukan bagi kita yg ingin selalu sehat. Banyak sekali artikel & pariwara yg menyerukan pentingnya minum delapan gelas air putih per hari.

Dengan adanya cairan yg cukup, maka aliran darah dan pencernaan jadi lancar. Tetapi kalo kita mengalami dehidrasi maka darah kita akan menjadi sangat kental sehingga kerja hampir semua organ tubuh kita menjadi semakin berat. Sekali lagi, hal ini sangat baik bagi pasien koroner.

Berhentilah Merokok

Anda perokok? Hentikan kebiasaan tersebut. Apabila tak dapat sekaligus, maka hentikan secara bertahap demi jantung anda. Merokok memang merilekskan namun, sangat membahayakan, terutama yang sedang mengidap jantung koroner.

Selain itu, rokok mahal. Daripada tuk rokok, lebih baik uangnya kita simpan tuk membeli buah-buahan. Jangan lupa tidur efektif. Ini penting bagi kesehatan jantung agar dapat bekerja secara optimal.

Oke cukup itu saja deh beberapa tips sehat terhindar dan sembuh dari jantung koroner. Semangat yoo...

Lihat juga: