GAGAL JANTUNG

5 Jenis Minuman Alami Yang Bikin Kita Terhindar Dari Penyakit Gagal Jantung Yang Sering Menyerang Usia Lanjut

Teh Hijau Untuk Gagal Jantung
Menjaga Kesehatan Jantung bisa kita lakukan dg berbagai cara. Salah satunya dg minum minuman yg sudah terbukti mampu menjaga kesehatan jantung.

Sebagian dari lima jenis minuman ini mengandung kafein dan antioksidan yang mampu membuat jantung kita bekerja secara optimal. Kalo dalam alat kedokteran mah seperti alat kejut saja kali yaa dan kalo dalam komputer seperti kita mengklik tombol refresh. Jadi gak ada dalam kamus orang yang meminum kelima minuman ini mengalami gagal jantung.

Apa sajakah minuman tersebut? Disimak baik-baik ya, supaya kita tahu cara menghindari gagal jantung. Berikut ini adalah 5 jenis minuman yg disarankan untuk membantu tubuh mencegah terjadinya gagal jantung:

Gagal Jantung Dengan Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yg baik tuk jantung. Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa minum teh hijau dlam jumlah yg cukup dapat mencegah resiko penyakit arteri koroner. Selain itu sda banyak juga penelitian yg menghubungkan konsumsi teh hijau dg kolesterol rendah, pencegahan pembekuan darah & stroke. Disarankan meminum air seduhan teh hijau setiap hari saat beraktifitas atau setelahnya.

Teh hitam

Seperti teh hijau, bedanya teh hitam dihasilkan melalui proses fermentasi setelah daun dipanen baru kemudian dikeringkan. Pengolahan ini mengubah komposisi kimia dari daun, sehingga menghasilkan beberapa antioksidan kuat yg membantu menangkal serangan jantung. Teh hitam telah terbukti mengurangi risiko stroke, mengurangi LDL (kolesterol jahat), memperbaiki fungsi pembuluh darah, dan juga meningkatkan aliran darah dlam arteri koroner.

Semakin lama Anda mencelupkan teh, maka semakin besar manfaat fitokimia yg diperoleh. Oleh karena itu, menyajikan teh dg air panas akan jauh lebih baik sekaligus menjaga kandungan antioksidan tetap terjaga. Jangan lupa untuk membatasi penambahan gula dalam minuman teh tersebut yoo, kalo bisa sih gak usah ditambahkan gula.

Kopi

Mungkin hal ini sepintas terdengar aneh. Tapi tahukah Anda bahwa kopi memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi dibanding kakao ato teh? Mengonsumsi kopi dlam jumlah yg tepat bisa menghambat peradangan dan mengurangi risiko gagal jantung.

Sebuah studi jangka panjang & berskala besar, di mana melibatkan lebih dari 83.000 perempuan menunjukkan bahwa meminum 2 cangkir kopi setiap hari bisa memangkas risiko terkena stroke 20 persen lebih rendah ketimbang mereka yg sedikit minum kopi ato tak sama sekali.

Minumlah kopi sebelum atau ketika sedang beraktifitas, dan hindari meminumnya setelah kita beraktifitas ato pulang kerja. Sebab takut malamnya jadi gak bisa tidur deh karena kandungan kafeinnya.

Jus delima

Belakangan ini reputasi jus buah delima semakin melonjak dan memikat para peneliti gizi. Betapa tidak, para pakar dari University of California menemukan bahwa kapasitas antioksidan jus delima tiga kali lipat lebih tinggi ketimbang anggur merah dan teh hijau.

Bahkan penelitian awal menunjukkan bahwa konsumsi rutin jus buah delima bisa menurunkan kolesterol, mengurangi plak arteri dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

Air

Dehidrasi bisa berkontribusi pada beberapa faktor risiko tuk penyakit jantung, termasuk darah kental. Ketika kita sedang mengalami dehidrasi, darah akan menjadi lebih kental. Kondisi ini membuat jantung kita mengeluarkan lebih banyak energi tuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Banyak para ahli merekomendasikan setidaknya dalam sehari seseorang harus minum 8-10 gelas air (untuk dewasa). Tetapi rekomendasi jumlah yg harus diminum tak bisa berlaku pada setiap orang dan kondisi. Yang pasti, jangan biarkan tubuh kita sampai mengalami dehidrasi. Kita juga bisa menambahkan jus ato air perasan lemon ke dalam air hangat tuk menambahkan cita rasa sekaligus memeroleh manfaat peluruhan & antioksidan.

Eh sobat, ingat jangan mengkonsumsinya secara berlebihan yoo. kalo tidak, takutnya bukannya terhindar malah jantung kita mengalami gagal jantung deh. Gak mau kan...

Lihat juga: