JANTUNG

Siapa Bilang Jantung Hanyalah Organ Biasa Yang Juga Memiliki Fungsi Dan Peran Yang Biasa Juga

Jantung
Merupakan organ penting dan vital peranannya di dlm tubuh manusia. Kenapa demikian? hal ini disebabkan karena berfungsi sebagai alat pemompa darah yg memompakan darah keseluruh tubuh.

Bayangkan jika dia tak dapat lagi memompakan darah? Pasti darah tak akan bisa menyebar ke seluruh tubuh kita, dan efeknya tak ada oksigen & nutrisi yg disebarkan ke seluruh tubuh. Sebab hanya darah lah yang bisa membawa oksigen dan nutrisi yg dibutuhkan tubuh. Oleh sebab itu organ ini amatlah penting peranannya di dlm tubuh. Dan kita patut menjaganya agar tetap sehat.

Jantung


Jantung (dalam bahasa Latin, cor) adalah sebuah rongga, organ berotot yg memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yg berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari Yunani namanya cardia.

Pada saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (diastol). Selanjutnya akan berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang (sistol). Kedua serambi mengendur & berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.

Darah yg kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena terbesar (vena kava) menuju ke dlm atrium kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, ia akan mendorong darah ke dlm ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis.

Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dlm arteri pulmonalis menuju ke paru-paru. Darah akan mengalir melalui pembuluh yg sangat kecil (pembuluh kapiler) yg mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen, melepaskan karbondioksida dan selanjutnya dialirkan kembali ke organ ini.

Darah yg kaya akan oksigen mengalir dlm vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah di antara bagian kanannya, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner karena darah dialirkan ke paru-paru.

Darah dlm atrium kiri akan didorong menuju ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis/mitral, yg selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dlm aorta (arteri terbesar dlm tubuh). Darah kaya oksigen ini disirkulasikan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru.

Setelah itu transportasi darah menuju dan dari jantung akan terulang kembali selama kita masih hidup.

Lihat juga: