PENYAKIT JANTUNG

Yuk Kita Konsumsi 4 Jenis Makanan Berikut Sebagai Bentuk Pencegahan Terhadap Penyakit Jantung

Penyakit Jantung
Agar terhindar dari berbagai macam penyakit bisa dimulai dari menjalani gaya hidup yg sehat. Salah satu yg paling mudah adalah dg rajin mengonsumsi makanan sehat. Makanan apa yg sebaiknya dikonsumsi?

Penyebab utama munculnya gangguan jantung (kardiovaskular) seperti serangan jantung & stroke adalah pola makan buruk yg bisa memicu terjadi penumpukan lemak dan penyumbatan pembuluh darah ke seluruh tubuh. Agar kondisi ini bisa dicegah, beberapa penelitian pun merekomendasikan agar penderita kardiovaskular mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Apa saja kah itu?

Makanan kesehatan penyakit jantung


Di bawah inilah 4 macam makanan yang baik dikonsumsi tuk mencegah dan meminimalisir dampak dari penyakit jantung:

Ikan

Sebuah pedoman kesehatan yg disusun oleh "European Society of Cardiology" dalam konferensi Euro Prevent di Dublin, Irlandia, menjelaskan bahwa makan ikan dua porsi dalam seminggu bisa mencegah kardiovaskular. Memakan ikan jauh lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen ikan. Hal ini karena ikan mengandung beberapa gizi lain yg tak bisa ditemui di dalam suplemen tersebut. Omega 3 dipercaya menjadi kandungan yg mampu memberikan manfaat sangat baik bagi jantung, namun para ahli belum bisa membuktikannya.

"Hal ini karena ikan mengandung berbagai gizi lain seperti vitamin D, selenium & yodium yg mungkin juga bermanfaat bagi kardiovaskular. Tapi perlu diingat, ikan bukan satu-satunya cara agar terhindar darinya. Selain mengonsumsi ikan, Anda juga perlu memakan makanan sehat, tak merokok dan aktif secara fisik," jelas Daan, seperti yg dikutip dari Telegraph.

Sayuran Hijau

Menurut penelitian di Swedia, sayuran hijau bisa mengurangi peluang serangan jantung sampai 25 persen. Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti mengamati asupan antioksidan pada pola makan 30.000 wanita di Swedia berusia 49-83 tahun. Nyatanya partisipan yg diketahui memiliki asupan antioksidan tertinggi peluangnya 20 persen lebih kecil tuk mengalami serangan jantung dibandingkan partisipan yg asupannya paling rendah.

Cabai

Penelitian yg dilakukan di Chinese University of Hong Kong mengatakan bahwa senyawa yg terdapat dlm cabai cayennes, jalapenos & berbagai jenis cabai lainnya bisa menurunkan tekanan darah serta mengurangi kolesterol. Peneliti juga menemukan bahwa cabai memiliki potensi besar tuk melindungi tubuh dari kardiovaskular.

Peneliti menjelaskan, zat pedas dlm cabai bisa menurunkan kadar kolesterol buruk dg mengurangi akumulasi kolesterol dlm tubuh. Selain itu, Capsaicinoids juga bisa membuat otot-otot menjadi rileks sehingga melancarkan aliran darah ke jantung.

"Tapi kita tak menyarankan orang tuk memakan cabai secara berlebihan. Diet yg baik adalah soal keseimbangan. Dan ingat, cabai bukanlah pengganti obat medis yg telah terbukti manfaatnya," ujar salah satu peneliti Dr Zhen-Yu Chen, seperti yg dikutip dari Daily Mail.

Kulit Kentang

Biasanya, orang cukup memakan daging kentang saja dan membuang kulitnya. Namun ternyata, kulit kentang yg dianggap sampah ini memiliki kandungan serat tinggi yg bisa menurunkan kadar kolesterol & trigliserida serta mengurangi penimbunan lemak. Kadar kolesterol yg normal bisa mencegah terjadinya stroke.

"Kulit kentang juga harus dimakan, karena kandungan seratnya yg tinggi sangat baik tuk orang yg menderita tekanan darah tinggi dan diabetes. Karena jenis serat larut dalam air ini bisa mengontrol kerja insulin," ungkap Dr. Samuel Oetoro, MS Spgk, seperti yg dikutip dari Detikfood.

Gimana, sudah percaya belum dengan keempat makanan kesehatan penyakit jantung di atas? Kalo gak percaya Anda bisa mencobanya sendiri di rumahmasing-masing.

Lihat juga: