FUNGSI JANTUNG

Keutamaan Dan Pentingnya Fungsi Jantung Bagi Kehidupan Makhluk Hidup Melebihi Organ Tubuh Lainnya

Fungsi Jantung
Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yg sangat penting di dlam tubuh manusia. Bahkan pentingnya organ ini dapat digunakan sebagai patokan apakah orang sudah meninggal ato belom, yaitu dari denyut jantungnya. Seorang yg terbaring tak bergerak belum dinyatakan mati saat jantungnya masih berdetak.

Ia hanya disebut koma karena fungsi otaknya tak berjalan tetapi fungsi jantung mereka masih berjalan. Jantung sendiri adalah sebuah organ berongga yg terbuat dari otot yg berfungsi tuk memompa darah melalui pembuluh darah dg cara berkontraksi dan berelaksasi dg irama yg berulang.

Fungsi jantung


Secara garis besar adalah memompa darah tuk mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh. Ukuran jantung adalah satu kapalan tangan pemiliknya. Ukuran jantung pada tiap orang berbeda, bergantung besar tubuh orang & usia orang tersebut. Jantung terdiri dari lapisan endothelium yg merupakan satu otot tunggal.

Letak jantung ada di balik tulang dada sebelah kiri dan memiliki truktur yg membelok ke bawah dan sedikit ke kiri. Jantung sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh lapisan perikardium yg tertempel pd diafragma. Lapisan pertama perikardium melekat kuat pd jantung sedang lapisan luarnya longgar dan berair tuk menjaga terhadap gesekan dg organ lain di dlam tubuh akibat gerakan konstan yg ditimbulkannya dlam memompa darah ato kemungkinan tekanan dari luar.

Pembuluh darah yg berada dlam jantung yg disebut kardiovaskuler sangat merata tersebar di seluruh otot jantung, terutama pada dasar dan samping. Pada lapisan luar jantung ada dua garis pembelah yg menunjukkan dinding pemisah antara serambi & bilik jantung. Otot dinding bilik jantung lebih tebal dibandingkan serambi karena otot bilik harus memompa darah ke atas sehingga memerlukan gaya yg besar. Memompa ke atas tentu saja melawan gravitasi, sehingga lebih berat.

Pada saluran keluar bilik, ada pembuluh darah yg disebut Aorta, merupakan Arteri terbesar dlam tubuh manusia. Dari aorta inilah darah kemudian mengalir keatas, ke samping kanan dan ke samping kiri lewat percabangan yg ada pad aorta. Sedangkan darah yg kurang baik kembali ke jantung melalui vena yg berdekatan dg aorta.

Fungsi sebenarnya sih cuma sebagai organ pembantu bagi darah agar bisa menyalurkan nutrisi dan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Dan sebaliknya juga membantu darah mengambil racun, sisa metabolisme dan karbondioksida dari seluruh tubuh untuk segera dikeluarkan dari dalam tubuh.

Gimana? Cukup sederhana bukan fungsi jantung ini. Tapi dibalik kesederhanaannya ini terdapat arti penting dari kehidupan, sehingga manusia masih tetap hidup.

Lihat juga: