GEJALA PENYAKIT GINJAL

Sebagai Orang Tua Kita Harus Tahu Gejala Penyakit Ginjal, Sehingga Nantinya Bisa Meminimalisir Resikonya

Gejala Penyakit Ginjal
Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yg gejalanya tak banyak disadari oleh banyak orang. Karena pada dasarnya merupakan salah satu penyakit yg membunuh secara diam-diam (silent disease and silent killer), sehingga tak sedikit orang yg sebenarnya memiliki penyakit pada ginjal tapi mereka slalu mengabaikan dan menganggap sebagai penyakit biasa saja.

Yang paling umum terjadi adalah adanya perubahan warna urine kemudian Anda kan mengalami sakit ato nyeri pd saat buang air kecil. Memang seringkali hal ini hampir sama dg gejala penyakit umum lainnya, sehingga penangan biasanya acap kali terlambat.

Adapun gejala penyakit ginjal secara umum adalah sebagai berikut:

  • Tubuh Merasa Kedinginan

    Penderita penyakit gagal ginjal biasanya merasakan kedinginan sepanjang waktu, walaupun ia berada di suhu yg hangat. Biasanya menyerang pd malam hari ketika ia bangun tidur dg tubuh dingin sampai mengigil.
  • Sakit di Sekitar Daerah Pinggang

    Ada beberapa orang jg mengalami masalah di bagian pinggangn, dan ini ada hubungannya dg penyakit batu ginjal. Namun memang beberapa penyakit batu ginjal tak menimbulkan gejala yg berarti. Namun jika batu ginjal itu terjebak di dalam ureter (saluran kecil antara kandung kemih & ginjal) maka gejala rasa sakit kan terasa sangat parah. Rasa nyeri pd awalnya hanya sesekali saja, setelah itu rasa sakit tersebut kan berlanjut lebih lama & sering.
  • Kepala pusing & sulit berkonsentrasi

    Jika anda mengalami gejala anemia yg tentunya berkaitan dg penyakit gagal ginjal, hal ni berarti bahwa otak anda kurang mendapatkan oksigen yg cukup sehingga mengakibatkan pusing di kepala dan susah tuk berkonsentrasi. Bahkan ada yg sampai kehilangan keseimbangan sewaktu berjalan karena parahnya anemia yg dirasakannya.
  • Rasa gatal yang berlebihan atau disebut dengan ruam kulit

    Seperti yg kita ketahui bahwa fungsi ginjal yg paling utama adalah tuk membuang limbah ato kotoran dari aliran darah. Jika fungsi ginjal sudah tak berfungsi normal maka kan terdapat penumpukan kotoran di dalam tubuh yg mengakibatkan rasa gatal yg berlebihan. Pada umumnya rasa gatal yg parah ini biasanya jg disertai dg pembengkakan di berbagai bagaian tubuh pasien seperti tangan, pergelangan tangan dan kaki.
  • Sesak Nafas

    Sesak nafas juga berkaitan dengan masalah ini. Dimana ada dua masalah sehingga menimbulkan ganguan pd pernafasan Anda. Sesak nafas tuk kasus yg pertama adalah adanya cairan yg berlebih karena tak berfungsinya ginjal sehingga cairan tersebut kan menutup saluran paru-paru. Dan kedua, anemia (kekurangan oksigen pembawa sel-sel darah merah) yg mengakibatkan tubuh anda kekurangan oksigen dan kehabisan nafas. Pada kasus sesak nafas ini, biasanya pasien gagal ginjal kan sulit tidur karena kesulitan bernafas disertai dengan perut kembung terus-menerus. Aktifitas yg memerlukan sedikit gerak fisik pun kan terasa sangat berat.

Gejala penyakit ginjal kronik


Sedangkan yg sudah kronik antara lain: lemas, tak ada tenaga, nafsu makan tak ada, mual, muntah, bengkak, jarang kencing, dan pucat karena anemia. Hasil pemeriksaan laboratorium menampakkan creatinine darah naik, Hb turun & protein pada urin selalu positif.

Semoga dengan informasi di atas, kita dapat lebih berhati-hati dlm menjaga kesehatan kita masing-masing dan keluarga. Oh iya kita juga perlu mengetahui  penyebab-penyebabnya tentunya.

Lihat juga: