GINJAL

Walaupun Kecil Bentuknya, Ginjal Memiliki Peranan Yang Sangat Penting Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Ginjal
Merupakan salah satu organ penting yg kadang kesehatannya disepelekan oleh sebagian besar masyarakat. Konsekuensi dari hal ini, pd masa mendatang kita kan dihadapkan oleh sebuah kondisi yg memungkinkan mereka mengalami gangguan; akibat gaya hidup kita yg buruk.

Menurut data statistika kesehatan WHO, terdapat 66.000 kasus transplantasi ginjal pd tahun 2005 di seluruh dunia. Di tahun yg sama, 21.000 liver & 6000 jantung ditransplantasi. Ini berarti transplanstasi ini sebesar tiga kali transplantasi hati.

Dalam kasus diet yg terlalu berat dan gaya hidup yg buruk, kesehatan sering kali terabaikan. Jika ini tidak segera dicari cara bagaimana menanganinya, dipastikan organ ini kan rusak dan mengganggu keseluruhan metabolisme tubuh.

Ukuran Ginjal


Pada orang dewasa normal berukuran:
  1. Panjang: 10-13 cm (4 -5 inci)
  2. Lebar: 5-7,5 cm (2-3 inci)
  3. Berat: kurang lebih 150 gram
  4. Persentase beratnya: 0,5% dari berat tubuh

Ukuran ginjal pd manusia sangat kecil, anatomi juga sangat sederhana, tetapi tanggung jawabnya terhadap kesehatan tubuh sangat besar. Jadi jagalah selalu kesehatannya agar aktivitas kita lancar.

Anatomi

Berwarna merah tua, organ ini terdiri dari dua sisi, yaitu sisi convex dan concave. Masing-masing sisi disambungkan oleh membran transparan yg disebut renal capsule, yg membantu memproteksi keduanya dari infeksi dan trauma.

Ginjal terbagi atas dua area besar, yaitu:
  • Renal cortex, Area berwarna cerah di bagian luar
  • Renal medulla, Area berwarna pekat di bagian dalam

Di dalam medulla ada 8 ato lebih cone-shaped sections yg disebut sebagai renal pyramids. Area di antara piramid disebut renal columns

Ekskresi

Struktur paling mendasar adalah nephrons. Masing-masing ginjal memiliki satu juta struktur mikroskopis ini yg berfungsi menyaring darah dan membuang limbah buangan.

Pembuluh arteri menyalurkan darah ke ginjal setiap hari, 180 liter ato 50 galon. Ketika darah memasukinya, maka ia kan disaring dan dikembalikan ke jantung melalui pembuluh vena.

Proses penyaringan dan pembuangan limbah dari cairan tubuh disebut ekskresi. Tubuh mempunyai empat sistem organ yg bertanggungjawab terhadap proses ekskresi ini. Sistem urinisasi adalah salah satu sistem organ dlm ekskresi. Ia bertugas membuah limbah, racun, hormon, garam, besi hidrogen, dan air yg tidak diperlukan lagi di dlm tubuh.

Fungsi

  • Membuang racun dan produk buangan/limbah dari darah. Racun di dalamnya diantaranya urea & uric acid. Jika kandungan kedua racun ini terlalu berlebihan, kan mengganggu metabolisme tubuh.
  • Menjaga kebersihan darah dg meregulasi seluruh cairan (aira & garam) di dalam tubuh
  • Meregulasi tekanan darah. Mereka menghasilkan enzim renin yg bertugas mengontrol tekanannya & keseimbangan elektrolisis. Renin mengubah protein dalam darah menjadi hormon angiotensis. Selanjutnya angiotensis kan diubah menjadi aldosterone yg mengabsorbsi sodium & air ke dalam darah.
  • Mengatur keseimbangan pH darah.
  • Memproses vitamin D sehingga dapat distimulasi oleh tulang
  • Memproduksi hormon erythropoiethin yg bertugas memproduksi sel darah merah di tulang

Penyakit

  1. Hipertensi
  2. Diabetes mellitus
  3. Batu ginjal
  4. Pyelonephritis (inflamasi)
  5. Kidney reflux disease
  6. Alport syndrome
  7. Medullary sponge kidney

Kesehatan

  • Menjaga kesehatan air
  • Melakukan diet. Jagalah setiap asupan dg mengonsumsi makanan yg bergizi tinggi, tidak merokok, dan tidak minum minuman beralkohol
  • Melakukan detoxifikasi bagi kesehatan ginjal
  • Berolahraga secara teratur

Cukup penting kan keberadaan organ ginjal ini bagi tubuh kita. Oleh karena itu jaga baik-baik yoo...

Lihat juga: