ASAM LAMBUNG

Inilah Beberapa Penyebab Dan Gejala Yang Mungkin Ditimbulkan Dengan Adanya Penyakit Asam Lambung

Asam Lambung
Penyakit asam lambung umumnya diawali dg sakit maag, kemudian dlam keadaan yg fatal ato maag yg diderita kronis akan berakibat pada penyakit asam lambung. Penyakit ini diakibatkan karena sumber makanan yg dikonsumsi sehari-hari kurang mengandung sumber vitamin yg banyak mengandung serat, karena serat sangat baik bagi kesehatan lambung.

Lambung akan memproduksi asam yg berlebih apabila Anda telat makan dan mengkonsumsi makanan yg sulit dicerna oleh sistem pencernaan seperti makanan yang mengandung organ-organ dalam hewan (jeroan). Lambung tak kan pernah berhenti bekerja dlam mencerna makanan dan mengubah sumber makanan yg kemudian diuraikan menjadi sumber tenaga bagi tubuh.

Berikut beberapa faktor gejala yg disebabkan asam lambung, diantaranya:

Muntah

Muntah terjadi karena disebabkan otot di sekitar perut berkontraksi dg tiba-tiba dan mengeluarkan isi perut. Hal ini disebabkan luka pada lambung akibat infeksi, makanan yg menyengat ato karena alkohol. Dapat juga disebabkan adanya gangguan pada saluran pencernaan.

Makanan basi ato sudah memiliki kandungan racun juga dapat menjadi penyebab muntah. Muntah pun dapat berkali-kali selama beberapa hari. Keadaan seperti ini biasanya dialami oleh perempuan yg sedang mengidam. Mengidam biasanya ditandai dg muntah yg berkali-kali.

Selain itu, hiatus hernia juga dapat memicu sulit menelan dan kebocoran dlam esofagus. Gangguan ini terjadi jika ada sebagian isi perut terdesak memasuki lubang diafragma dan sangat mungkin terjadi jika sedang hamil ato kegemukan.

Jika mengalami muntah dan penyebabnya tak serius, tuk mengatasi ada beberapa langkah yg perlu dilakukan, diantaranya:
  1. Jangan mengkonsumsi makanan padat dahulu sampai mual ato muntahnya reda
  2. Minumlah air minum sedikit-sedikit walaupun nanti dimuntahkan lagi
  3. Jangan merokok
  4. Jangan minum obat-obatan yg dosisnya tinggi
  5. Tuk menghilangkan rasa mual, jangan makan apa pun dan berbaringlah sampai rasa mualnya berkurang ato hilang

Sakit Perut

Sakit perut terjadi karena disebabkan oleh terganggunya lambung. Kebanyakan, sakit perut muncul akibat gangguan kecil sistem pencernaan. Namun, sakit yg berat dan terus-menerus perlu segera mendapatkan perawatan medis.

Perawatan medis diperlukan jika:
  1. Sakit perut terasa sakit selama lebih dari 4 jam berturut-turut
  2. Jika disertai muntah, namun muntah tersebut tak meredakan sakit
  3. Jika perut menjadi bengkak dan lunak
  4. Jika disertai dg pingsan, limbung ato nanar

Masuk Angin

Meskipun masalah sepele, tetapi masuk angin dapat menyebabkan perasaan tak enak dan menyiksa. Penyebabnya dapat karena menelan udara, hiatus hernia, pencernaan tak sempurna, ataupun penyerapan yg tak sempurna. Buang angin adalah salah satu cara tuk mengatasi gejala masuk angin.

Terganggunya sistem pencernaan pada lambung juga dapat disebabkan oleh stress ato aktivitas yg berlebihan sehingga lupa akan kebutuhan tubuh, seperti makan dan minum. Pola makan yg tak teratur juga dapat menyebabkan terganggunya lambung yg akhirnya akan berpengaruh pada organ-organ yg lainnya.

Pada penderita penyakit asam lambung harus selalu memperhatikan asupan makanan yg dikonsumsi setiap harinya dg cara seperti berikut ini:
  • Menjaga keseimbangan nilai gizi
  • Mengurangi makanan pedas, asam serta makanan yg banyak mengandung pengawet dan pewarna
  • Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yg mengandung serat alami yg terdapat pada buah-buahan, sayuran dan agar-agar
  • Perbanyak olahraga
  • Istirahatlah yg cukup
  • Makanlah makanan yg mudah dicerna oleh usus.

Apakah Anda menderita rasa sakit yg parah karena masalah ini? Tuk menguranginya, konsumsilah buah-buahan yg dapat menghilangkan kelebihan asam dari sistem pencernaan.

Berikut beberapa buah yg dapat anda pilih Anda makan tuk mengurangi asam lambung, seperti dilansir Magforwoman:

Mangga Tuk Asam Lambung


Mangga mengagumkan tak hanya sehat dari segi nutrisi, tetapi juga merupakan antioksidan dan sebagai anti-inflamasi. Ini akan menjaga lapisan perut Anda dari dingin dan kelebihan asam.

Kelapa

Minum air kelapa beberapa kali sehari akan melakukan keajaiban tuk mencegah pembentukan asam ekstra di perut Anda. Air kelapa juga mengembalikan zat elektrolit yg hilang dari tubuh Anda.

Semangka

Semangka memiliki banyak citrulline asam amino yg membantu tubuh dlam menciptakan amonia. Hal ini pada gilirannya memertahankan tingkat asam.

Pisang

Ini adalah fakta bahwa pisang yg sehat akan mengurangi tingkat asam di perut Anda. Itu karena pisang adalah makanan dg nutrisi lengkap dan memiliki sifat antasid yg besar.

Ketimun

Ketimun dikenal sebagai bahan makanan pendingin. Mereka mengurangi panas tubuh dan mencegah nyeri di perut yg disebabkan oleh kelebihan asam.

Mudah-mudahan dengan salah satu dari kelima jenis buah-buahan atau sayuran di atas bisa menyembuhkan atau setidaknya bisa meredakan sakitnya asam lambung anda. Okey...

Lihat juga: