TEKANAN DARAH TINGGI

9 Makanan Dan Pola Hidup Kurang Sehat Yang Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi

Tekanan Darah Tinggi
Hipertensi adalah sebuah penyakit yg mungkin bisa berbahaya jika tak segera dilakukan pencegahannya. Penyakit ini mungkin sudah biasa terdengar di telinga kita, bahkan hampir semua orang sudah pada tahu.

Tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tensi darah pada pembuluh darah arteri lebih tinggi dari normal. Pembuluh darah arteri merupakan pembuluh darah yg memompa darah dari jantung ke seluruh organ & jaringan tubuh. Tensi darah normal berkisar antara 120/70 mmHg, lebih dari itu bisa dikatakan hipertensi. Ada yg mengatakan 130/80 mmHg masih tergolong normal, tergantung referensi yg dipakai.

Hindari penyebabnya sekarang juga! Banyak sekali faktor penyebab hipertensi, namun penyebab yg utama adalah sebagai berikut:

Tekanan darah tinggi karena faktor keturunan


Mungkin kita sudah sering mendengar bahwa jika ada seorang yg memiliki penyakit darah tinggi, maka anak-anaknya akan mengidap penyakit darah tinggi. Pendapat ini tak sepenuhnya benar. Memang, gen ato keturunan merupakan salah satu faktor penyebab hipertensi, namun jika sang anak dapat menjaga ato mengatur makanan apa saja yg dimakan sehari-hari, maka penyakit ini dapat dicegah. Hampir semua penyakit berawal dari apa yg kita makan sehari-hari.

Obesitas

Masih banyak orang yg beranggapan bahwa gemuk itu sehat. Pendapat ini sama sekali salah dan menjerumuskan. Obesitas ato berat badan berlebih bisa menjadi salah satu faktor penyebab hipertensi pada remaja dan wanita. Selain itu obesitas juga dapat menjadi penyebab penyakit berbahaya yg lain. BMI ato body mass index menjadi salah satu acuan standar tuk mengetahui apakah seseorang itu obesitas ato tidak.

Pola makan

Faktor selanjutnya yg memiliki pengaruh besar pada penyakit hipertensi adalah pola makan. Makanan tinggi kalori, garam, lemak, kolesterol, dan karbohidrat sederhana dapat menjadi penyebab yg utama, meskipun tak memiliki kedua faktor diatas. Jika kita termasuk memiliki pola makan seperti ini, sudah saatnya beralih ke pola hidup sehat. Makanlah makanan yg sehat tepat pada porsinya, tak kurang dan tak lebih.

Kafein, rokok dan alkohol

Kafein dan alkohol bisa memicu terjadinya hipertensi. Bagi kita yg suka kopi, rokok ato alkohol, ada baiknya tuk segera meninggalkan kebiasaan buruk tersebut dan ikuti pola hidup sehat.

Usia

Semakin bertambah usia seseorang, maka semakin bertambah pula resiko terkenanya. Alasannya adalah semakin tua seseorang, maka semakin menurun pula efektifitas organ tubuh, termasuk elastisitas dari pembuluh darah juga menurun sehingga mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Alhasil tensi darah menjadi meningkat. Hal ini sudah dibuktikan dlam banyak penelitian diluar negeri.

Gender

Hingga usia 45, pria lebih beresiko mengalami hipertensi. Pada usia 45 hingga 64, baik pria maupun wanita memiliki tingkat resiko yg sama. Tetapi, justru pada usia di atas itu, wanita lebih beresiko.

Stress

Hormon adrenalin dapat meningkat sewaktu kita berfikir terlalu keras ato stress. Jika ini terjadi, maka jantung akan memompa darah lebih cepat sehingga tensi darah akan meningkat. Biasanya tensi darah akan menjadi naik dlam satu waktu saja. Stress juga dapat menyebabkan seseorang cenderung makan makanan yg lebih banyak ato juga bisa sebaliknya, bisa tak memiliki nafsu makan

Sleep Apnea

Penyakit sleep apnea juga dapat menjadi penyebab. Silahkan menghubungi dokter kita jika mengalami masalah ini.

Kurang olahraga

Kurang aktifitas tak hanya dapat melebarkan lingkar pinggang, tetapi juga beresiko tuk darah tinggi seseorang. Biasanya ini terjadi pada orang yg bekerja di kantoran dan kurang memiliki waktu berolahraga.

Para ahli kesehatan menganjurkan tuk segera merubah gaya hidup bagi mereka yg memiliki potensi atao faktor di atas. Khususnya bagi yg telah terindikasi penyakit hipertensi tersebut.

Jalan terbaik dan juga paling sehat adalah melalui makanan, karena semua berawal dr apa yg kita makan kan menentukan apakah kita sehat ato sakit. Hindarilah makanan-makanan yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Okey...

Lihat juga: