SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Bagaimana Sih Proses Dan Apa Saja Kah Organ Dalam Sistem Pencernaan Manusia Itu? Ada Yang Tau

Sistem Pencernaan Manusia
Merupakan sistem yg memproses atau mengubah makanan dan menyerap sari makanan yg berupa nutrisi-nutrisi yg dibutuhkan oleh tubuh manusia. Proses pencernaan juga kan memecah molekul makanan yg kompleks jadi molekul yg sederhana dg bantuan enzim sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Proses Sistem Pencernaan Manusia


Hampir sama dg hewan lainnya, pada sistem ini juga terdapat mulut, lambung, usus dan mengeluarkan kotorannya melewati anus. Proses pencernaan pada manusia terbagi menjadi 5 macam, yaitu:
  • Injesti

    Adalah proses menaruh ato memasukkan makanan ke mulut. Biasanya menggunakan tangan ato menggunakan alat bantu seperti sendok, garpu dan sumpit.
  • Pencernaan Mekanik

    Pencernaan secara mekanik yaitu proses mengubah makanan jadi kecil & lembut. Pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi dan alat bantu lain seperti batu kerikil pada burung merpati. Proses ini bertujuan tuk membantu mempermudah proses pencernaan kimiawi nantinya. Proses ini dilakukan secara sadar ato sesuai dg keinginan kita.
  • Pencernaan Kimiawi

    Pencernaan secara kimiawi yaitu proses mengubah molekul-molekul zat makanan yg kompleks jadi molekul-molekul yg lebih sederhana sehingga mudah dicerna. Pencernaan kimiawi dilakukan oleh enzim, asam, ‘bile’ dan air. Proses ini dilakukan secara tak sadar karena yg mengaturnya adalah otak tak sadar.
  • Penyerapan

    Adalah gerakan nutrisi dari alat pencernaan ke sistem sirkulator dan ‘lymphatic capallaries’ melalui osmosis, transport aktif dan difusi.
  • Penyingkiran

    Yaitu penyingkiran ato pembuangan material yg tak dicerna dari ‘tract’ pencernaan melalui defekasi.

Organ

Organ yg termasuk dalam sistem pencernaan manusia terbagi jadi dua kelompok, yaitu:
  • Saluran Pencernaan

    Saluran yg kontinyu berupa tabung yg dikelilingi otot. Saluran pencernaan dapat mencerna makanan, memecah nya jadi bagian yg lebih kecil dan menyerap bagian tersebut menuju pembuluh darah. Organ-organ yg termasuk di dlam nya, antara lain: mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus dan usus besar. Dari usus besar makanan akan dibuang keluar tubuh lewat anus.
  • Organ pencernaan tambahan (aksesoris)

    Organ pencernaan tambahan ini berfungsi tuk membantu saluran pencernaan dlam melakukan kerjanya. Gigi dan lidah terdapat dlam rongga mulut, kantung empedu serta kelenjar pencernaan kan dihubungkan kepada saluran pencernaan melalui sebuah saluran. Kelenjar pencernaan tambahan kan memproduksi sekret yg berkontribusi dlam pemecahan bahan makanan.

    Gigi
    Lidah
    Kantung empedu
    Beberapa kelenjar pencernaan seperti kelenjar ludah, hati & pankreas

Sudah lengkap belom bahasan yang sedang kalian pelajari ini? Semangat mencari yoo...

Lihat juga: