GANGGUAN PENCERNAAN

Hey Kawan Berikut Ini Kami Akan Berbagi Tentang 10 Jenis Gangguan Pencernaan Pada Manusia Yang Sering terjadi

Gangguan Pencernaan
Gangguan pencernaan cukup beragam. Faktor penyebabnya pun bermacam-macam, di antaranya makanan yg kurang baik dari segi kebersihan & kesehatan, keseimbangan nutrisi, pola makan yg kurang tepat, adanya infeksi, atau puja karena kelainan pada organ pencernaan.

Ada beberapa kelainan loh yg dpat terjadi pada sistem pencernaan manusia. Diantaranya adalah:

Gangguan Pencernaan Hepatitis


Merupakan gangguan yg terjadi akibat infeksi virus pd organ hati. Virus dpat masuk ke dlam tubuh melalui air ato makanan.

Gastritis

Merupakan suatu peradangan akut ato kronis pada lapisan mukosa (lender) dinding lambung. Salah satu penyebabnya ialah penderita sering memakan makanan yg mengandung kuman penyakit berbahaya. Kemungkinan juga disebabkan karena kadar asam klorida (HCL) pd lambung terlalu tinggi.

Sembelit (Konstipasi)

Konstipasi ato yg sering kita sebut dg sebutan “sembelit” adalah penyakit yg dialami seseoang dg gejala fases mengeras sehingga susah dikeluarkan. Sembelit dikarenakan penyerapan air pada sisia makanan terlalu berlebihan. Akibatnya, fases kekurangan air dan menjadi keras.

Ini terjadi dari kebiasaan buruk yg menunda-nunda buang air besar. Selain itu, juga karena kurangnya penderita dlam mengkonsumsi makanan yg berserat. Oleh karena itu, banyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran berserat serta minum cukup air dpat mencegah hal yang seperti ini loh.

Diare

Diare terjadi karena adanya iritasi pada selaput dinding usus besar ato kolon. Fases penderita diare berbentuk encer. Penyebabnya adalah penderita memakan makanan yg mengandung bakteri ato kuman diare. Akibatnya gerakan peristaltic dlam usus tak terkontrol. Sehingga, laju makanan meningkat dan usus tak dpat menyerap air.

Namun, apabila fases yg dikeluarkan bercampur dg darah dan nanah, kemudian perut terasa mulas, gejala tersebut menunjuk pd penyakit disentri. Penyebabnya yakni infeksi bakteri Shigella pd dinding usus besar.

Wasir Ato Ambeyen (Hemeroid)

Ditandai dengan adanya pembengkakan pada pembuluh vena disekitar anus. Orang yg sering duduk dlam beraktivitas dan ibu hamil seringkali mengalami penyakit ini.

Usus Buntu (Apendisitis)

Penyakit yg terjadi karena peradangan apendiks. Penyebabnya ialah adanya infeksi bakteri pada umbai cacing (usus buntu). Akibatnya, timbul rasa nyeri & sakit.

Keracunan

Keracunan makanan dpat terjadi karena pengaruh beberapa bakteri semisal bakteri Salmonela yg menyebabkan gangguan demam tipus & paratipus.

Maag

Orang yg mengalami maag memiliki ciri-ciri rasa perih pada dinding lambung, mual, muntah dan perut kembung. Gejala ini disebabkan meningkatnya kadar asam lambung yg dipicu karena pikiran tegang dan pola makan yg tak teratur.

Malnutrisi (kurang gizi)

Disebabkan oleh terganggunya pembentukan enzim pencernaan oleh sel-sel pankreas atropi yg kehilangan banyak reticulum endoplasma. Sebagai contoh adalah kwashiorkor, yakni penyakit akibat kekurangan protein yg parah dan pada umumnya menyerang anak-anak.

Tukak Lambung

Tukak lambung adalah salah satu kelainan sistem pencernaan yakni kerusakan pada selaput lendir. Tukak lambung dpat disebabkan oleh faktor-faktor kuman, toksin, ataupun psikosomatis. Kecemasan, ketakutan, stress dan kelelahan merupakan faktor psikosomatis yg akhirnya dpat merangsang pengeluaran HCL di lambung. Jika HCL berlebihan maka selapu lendir lambung kan rusak.

Itu saja deh sobat sepuluh macam gangguan pencernaan seperti di atas. Semoga bermanfaat yoo...

Lihat juga: