SISTEM EKSKRESI

Sistem Ekskresi Adalah Salah Satu Dari 3 Kelompok Sistem Pembuangan Di Dalam Tubuh Manusia

Sistem Ekskresi
Setiap hari kita melakukan beberapa kegiatan pokok, seperti makan, minum & bernapas. Tanpa melakukan aktivitas itu, manusia kan mati. Makanan dan udara yg kita masukkan akan digunakan dlam proses-proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme menghasilkan zat buangan ato zat sisa hasil dari proses oksidasi. Nah ini dia yang akan kita bahas. Coba Anda bayangkan jika zat tersebut tak dpat terbuang dari tubuh? Apa yg kan terjadi?

Dari kasus itu kita dpat mengetahui bahwa ternyata proses ekskresi pada tubuh penting sekali. Apabila zat-zat sisa itu tak terbuang dan slalu menumpuk, alangkah kotornya tubuh kita karena penuh dg sampah yg menumpuk. Proses pembuangan zat sisa ato sampah ini sering disebut dg proses ekskresi.

Secara umum, sistem ekskresi zat-zat sisa dari dlam tubuh manusia dibedakan menjadi tiga macam, yakni ekskresi, sekresi dan defekasi.

Sistem Ekskresi


Merupakan proses pengeluaran zat sisa yang merupakan hasil suatu proses di dlam tubuh. Proses ekskresi ini juga lah yang mencirikan makhluk tersebut hidup.

Salah satu bentuk ekskresi adalah buang air kecil, hasil buangan itu berupa urin. Akan tetapi, sebenarnya hasil buangan tak hanya berupa urin saja. Zat buangan lainnya dpat berupa keringat, gas karbon dioksida dan zat warna empedu.
Zat-zat sisa metabolisme merupakan zat sampah yg harus dibuang dari tubuh. Zat-zat itu antara lain:
  1. Keringat dikeluarkan oleh kelenjar keringat melalui kulit
  2. Urin dikeluarkan oleh ginjal
  3. Empedu dikeluarkan oleh hati
  4. Karbon dioksida dikeluarkan oleh paru-paru

Manusia memiliki berbagai macam alat ekskresi. Alat-alat ekskresi tersebut seperti ginjal (ren), paru-paru (pulmo), hati (hepar) dan kulit (integumen). Alat-alat tersebut sekaligus berfungsi tuk menjaga stabilitas suhu tubuh ato homeostatis

Sekresi

Sementara itu, sekresi merupakan proses pengeluaran getah oleh sel & kelenjar. Getah tersebut biasanya mengandung enzim yg masih berguna tuk proses faal di dlam tubuh.

Defeaksi

Defeaksi merupakan proses pengeluaran sisa-sisa pencernaan makanan yg disebut feses melalui anus. Sisa pencernaan tak pernah melewati proses metabolisme di dlam sel-sel jaringan tubuh. Sehingga, sisa pencernaan bukanlah sisa metabolisme. Zat yg dikeluarkan melalui anus tersebut terdiri atas bahan makanan yg tak diserap oleh usus, sel-sel epitel usus yg rusak dan mikrobia usus.

Selain sistem ekskresi ternyata masih ada sistem pembuangan lainnya dalam tubuh kita. Begitu yaa...

Lihat juga: