HATI

Yuk Kita Jaga Hati Kita, Karena Hati Sangat Berperan Penting dlm Kesehatan Tubuh Kita

Hati
Merupakan organ kelenjar terbesar dlm tubuh manusia. Beratnya sekitar 1.3 kg dengan warna merah tua pada orang dewasa. Letaknya di bagian kanan tubuh, di bawah ruang diafragma.

Memiliki dua buah bagian besar yg disebut dg lobus kanan & kiri. Sedangkan kantung empedu terletak di bawah. Bersama dg organ pankreas & usus bekerja sama tuk mencerna, menyerap & mengolah makanan yg kita makan setiap hari.

Pekerjaan utamanya adalah tuk menyaring darah yg berasal dari saluran pencernaan, sebelum ke seluruh tubuh. Organ tersebut juga mendetoksifikasi bahan kimia & hasil metabolisme obat-obatan dlam tubuh. Selama proses tersebut, dia mengeluarkan cairan empedu, yg merupakan cairan hasil pembakaran sel-sel darah yg sudah tua ato mati. Cairan yg masih bermanfaat kan dipergunakan lagi oleh tubuh tuk pembentukkan sel darah yg baru, sedangkan yg sudah tak terpakai lagi kan dibuang melalui ginjal ato usus halus.

Hati jg membuat protein penting bagi pembekuan darah. Fungsi-fungsi lainnya, seperti: menyimpan vitamin (A, D, K & B12) dan juga mineral, mempertahankan kadar glukosa dlam darah, dan juga memproduksi 80% kolesterol dlam tubuh.

Untuk lebih jelasnya yuk kita lihat di bawah ini:
  1. Gula diubah menjadi dlm bentuk glikogen
  2. Bisa menawarkan racun
  3. Dpat mengatur kadar gula dlm darah dg bantuan insulin
  4. Fibrinogen & protombin dibentuk di dlam organ tersebut
  5. Menghasilkan zat warna empedu
  6. Sebagai tempat pembentukan urea
  7. Yang dpat mengubah provitamin A jadi vitamin A

Dan inilah fungsi utamanya dlam sistem ekskresi di dlam tubuh manusia:

Hati menghasilkan Getah Empedu


Getah empedu dihasilkan olehnya berasal dari hasil perombakan sel darah merah. Getah ini kemudian ditampung dlam sebuah kantung lalu disalurkan ke usus 12 jari. Getah empedu pd dasarnya terdiri dari dua komponen yaitu garam & zat warna empedu. Garam empedu berfungsi dlm proses pencernaan makanan yaitu tuk mengemulsi lemak. Sedangkan zat warna empedu sudah gak berfungsi lagi sehingga harus diekskresikan.

Zat warna empedu yg diekskresikan ke usus 12 jari, sebagian jadi zat sterkobilin, yaitu zat yg mewarnai feses & beberapa diserap kembali oleh darah lalu dibuang melalui ginjal sehingga membuat warna pada urine yg disebut urobilin. Kedua zat tersebut mengakibatkan warna feses & urine jadi kuning kecoklatan.

Urea
Urea adalah salah satu zat hasil perombakan protein di dalamnya. Karena zat tersebut beracun bagi tubuh maka harus dibuang dari dlam tubuh. Dari organ ini, urea diangkut ke ginjal tuk dikeluarkan bersama urine.

Sekarang sudah tahu kan pentingnya organ kita yang satu ini. Okey, sebelumnya terimakasih ya sudah berkunjung ke postingan kami ini. :)

Lihat juga: