CUCI DARAH

Apa Sih Itu Cuci Darah, Penyebab, Gejala Dan Pantangan Yang Mesti Dijalani Oleh Penderitanya

Cuci Darah
Hemodialisis sebagai nama lainnya adalah suatu proses penyaringan darah yg dilakukan oleh mesin. Kapan dan mengapa harus dilakukan? Pencucian darah biasanya dilakukan pada penderita yg mengalami penyakit ginjal kronis. Jadi proses ini dilakukan tuk menggantikan fungsi ginjal yg udah rusak.

Penyebab Cuci Darah

Ada berbagai macam sebab seseorang melakukan cuci daarah di antaranya karena mereka menderita gagal ginjal, diabetes mellitus, hipertensi dan adanya infeksi pada saluran ekskresi mereka. Pasien yg melakukan pencucian darah merupakan penderita penyakit ginjal akhir.

Gejala

Gejala biasanya terjadi pada penderita yg mengalami gagal ginjal akut, biasanya dilakukan proses pencucian darah sambil menunggu perbaikan fungsi ginjalnya, sedangkan tuk penyakit ginjal kronik, harus dilakukan terus menerus, biasanya 3 kali seminggu dan setiap kali proses berlangsung sekitar 3-5 jam. Bagi sebagian orang yg harus dipikirkan adalah biayanya yg cukup besar dan mempunyai efek samping yg cukup banyak seperti:
  1. Tekanan darah rendah
  2. Pembekuan darah
  3. Infeksi
  4. Sakit kepala
  5. Mual dan muntah
  6. Anemia
  7. Kram otot
  8. Detak jantung tak teratur

Alternatif lain bagi penderita penyakit ginjal kronik adalah melakukan cangkok ginjal apabila tak ingin melakukan kegiatan ini secara terus menerus. Tetapi proses pencangkokan ginjal ini sangat rumit sekali dan yg pasti memakan biaya yg besar sekali, karena itu sayangilah ginjal kita dan jagalah slalu agar tetap sehat.

Pantangan

Inilah beberapa makanan pantangan yg mengandung banyak protein tuk penderita gagal ginjal, seperti:
  • Semua jenis daging, terutama daging kambing
  • Segala macam kacang-kacangan
  • Makanan olahan dari kacang-kacangan tersebut, misalnya tahu dan tempe
  • Minuman bersoda

Sekali lagi sayangilah ginjalmu sekarang juga, minimal dengan minum banyak air putih setiap hari. Gak enak loh kalo sampai menjalani cuci darah. Okey...

Lihat juga: