Makanan Sehat Untuk Diet Dengan Roti Gandum

Inilah Salah Satu Makanan Sehat Untuk Diet Yang Perlu Kalian Ketahui, Yaitu Roti Gandum


Makanan Sehat Untuk Diet
Makanan sehat untuk diet kali ini adalah roti gandum. Setelah kita membahas tentang jagung, sebagai sumber karbohidrat pengganti. Sekarang kita akan mengganti sumber kalori yang biasa kita makan yaitu nasi dengan roti gandum.

Roti gandum termasuk makanan sehat untuk diet yang mengandung karbohidrat kompleks. Tidak seperti nasi yang hanya mengandung kalori, Roti gandum ini selain kaya akan karbohidrat juga kaya akan serat, selulosa dan protein.

Ketiga bahan lain yang dikandungnya ini mampu mencegah tubuh membentuk lemak, sebagai penyimpanan kalori yang berlebih. Bahan-bahan ini juga mampu membersihkan dan menormalkan kembali alat pencernaan kita yang telah jemu setelah mencerna berbagai jenis makan berlemak.

Makanan Sehat Untuk Diet

Gunakanlah roti gandum sebagai bahan sarapan anda setiap harinya. Walaupun anda telah selesai menjalankan program diet, jangan tinggalkan kebiasaan sarapan dengan makanan sehat untuk diet seperti ini.

Jika anda bosan dengan bentuk asal dari roti gandum yang itu-itu aja, anda bisa mengkreasikan dalam masakan carikan anda. Sehingga selama diet anda tidak gampang bosan. So, mudah-mudahan roti gandum sebagai makanan sehat untuk diet cocok dengan kondisi tubuh anda.

Gimana mudah kan caranya??

Oke, setelah kita tahu makanan sehat untuk diet seperti di atas. Ada baiknya yuk kita mengenal manfaat dan khasiat dari beberapa buah-buahan dan sayur-sayuran sehat di bawah ini. Agar kita bisa lebih tahu tentang seluk beluk makanan yang kita makan sehari-hari. Dan bisa anda gunakan sebagai panduan bagi kondisi kesehatan anda.

Seri Buah Dan Sayur-Mayur

  • Duku
Duku merupakan buah asli Asia Tenggara. Duku ditanam tuk buahnya, yg biasa dimakan dalam keadaan segar. Ada pula yg mengawetkannya dalam sirup dan dibotolkan. Kayunya keras, padat, berat dan awet, sehingga kerap digunakan sebagai bahan perkakas dan konstruksi rumah di desa, terutama kayu pisitan.

Beberapa bagian tanaman digunakan sebagai bahan obat tradisional. Biji duku yg pahit rasanya, ditumbuk dan dicampur air tuk obat cacing dan juga obat demam. Kulit kayunya dimanfaatkan sebagai obat disentri dan malaria; sementara tepung kulit kayu ini dijadikan tapal tuk mengobati gigitan kalajengking. Kulit buahnya juga digunakan sebagai obat diare; dan kulit buah yg dikeringkan, di Filipina biasa dibakar sebagai pengusir nyamuk.

  • Durian
Kata durian diambil dari ciri khas kulit buahnya yg keras dan berlekuk-lekuk tajam menyerupai "duri". Buah ini populer dengan nama "King of Fruit" tapi begitu kontroversial. Sebagian gila dengan rasa dan aromanya, tapi sebagian lainnya malah benci dan muak dengan aromanya. Setiap 100 g daging durian mengandung 67 g air, 28,3 g karbohidrat, 2,5 g lemak, 2,5 g protein, 1,4 g serat; serta memiliki nilai energi sebesar 520 kJ. Durian juga banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium dan fosfor.

Beberapa bagian tanaman durian kadang-kadang dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Akarnya dimanfaatkan sebagai obat demam. Daunnya, dicampur dengan jeringau (Acorus calamus), digunakan tuk menyembuhkan infeksi pada kuku. Kulit buahnya tuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buang air besar (sembelit). Kulit buah ini pun biasa dibakar dan abunya digunakan dalam ramuan tuk melancarkan haid dan menggugurkan kandungan. Abu dan air rendaman abu ini juga digunakan sebagai campuran pewarna tradisional.

Cukup sekian saja sedikit informasi dari artikel kami yang berjudul makanan sehat untuk diet ini. Anda bisa mendapatkan seri buah dan sayur lainnya pada postingan kami yang lain. Terimakasih dan semoga bermanfaat yoo...

Lihat juga: