Penyakit Pada Ginjal

Berikut Ini Ada 10 Cara Agar Diri Kita Terhindar Dari Penyakit Pada Ginjal Yang Sering Terjadi


Penyakit Pada Ginjal
Ada cukup banyak penyakit pada ginjal yang sering terjadi. Mulai dari yang ringgan hingga yang berat yang bisa merenggut nyawa. Tapi seringan-ringannya penyakit pada ginjal, akan membuat hidupmu penuh penderitaan, salah satunya merasa pedih dan kesulitan saat buang air kecil. Wah pokoknya nggak deh.

Oleh karena itu kita harus mulai dari sekarang untuk membiasakan diri hidup dengan prilaku sehat. Lalu apa saja kah prilaku sehat yang bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit pada ginjal? Mau tau, kalo mau silahkan baca di bawah ini.

10 Kebiasaan Pencegah Penyakit Pada Ginjal


  • Rutin berolahraga
Kebiasaan pertama mencegah penyakit pada ginjal adalah dengan selalu berolahraga setiap harinya. Setidaknya kita gunakan kaki kita untuk berjalan kaki dibawah sinar matahari pagi ketika hendak pergi beraktifitas.

  • Menjaga kadar gula darah tetap stabil
Penyebab penyakit pada ginjal yang paling berpengaruh adalah diabetes. Adanya penyakit diabetes akan semakin memperparah kerja ginjal, sehingga bisa menjadi cepat kelelahan dan akhirnya bisa rusak. Oleh karena itu jagalah kadar gula dalam darah anda dengan diet yang sehat.

  • Mengkonsumsi makanan sehat
Dengan mengkonsumsi makanan sehat, berarti kita juga akan menyehatkan ginjal.

  • Menjaga berat badan
Jika berat badan berlebihan, maka akan semakin dekatlah terkena dengan penyakit diabetes. Anda sudah tau kan bahwa diabetes ini bisa memperusak kondisi ginjal anda.

  • Tidak merokok
Merokok adalah kebiasaan yang sangat buruk untuk kondisi kesehatanmu. Jadi agar terhindar dari salah satu penyakit pada kulit sebaiknya anda hentikan kebiasaan ini.

  • Kurangi konsumsi makanan cepat saji
Karena kadar garam, lemak dan proteinnya tinggi, maka disarankan untuk tidak terlalu sering membeli makanan cepat saji. Kondisi kadar garam yang tinggi ini bisa menimbulkan pengkristalan batu ginjal, penyakit pada ginjal yang paling sering terjadi.

  • Menjaga tekanan darah dalam batas normal
Hindari asupan garam dan makanan berlemak yang berlebihan, agar tekanan darah anda tidak meningkat tajam. Tekanan darah tinggi bisa mempengaruhi kesehatan organ ginjal anda loh. So hati-hati yaa pada hipertensi ini.

  • Hindari konsumsi protein tinggi dalam bentuk suplemen protein
Suplemen protein bisa sih untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh kita. Tapi jika kadarnya berlebihan, atau malah kita tidak tahu batasan penggunaan bagi kondisi tubuh kita, hal ini bisa memperburuk kesehatan ginjal.

  • Tidak mengkonsumsi obat sembarangan
Jangan terlalu sering mengonsumsi obat warungan dan obat penghilang rasa sakit jika tidak diperlukan. Takut terjadi penimbunan zat obat di ginjal atau pada saluran ginjalnya akhirnya jadilah batu ginjal.

  • Minum 2-3 liter air tiap hari
Kebiasaan baik terakhir pencegah berbagai penyakit pada ginjal adalah berusaha untuk mencukupi kebutuhan akan cairan tubuh secukupnya. Air sebanyak kira-kira 8 gelas sehari ini dapat membantu mengurangi timbunan zat-zat berbahaya di ginjal yang nantinya bisa dikeluarkan melalui urine.

Oke, cukup sekian saja deh beberapa informasi ini. Harap segera periksakan kondisi kesehatan ginjal anda ya jika dirasa ada yang salah dengan ginjal anda. So, kalo memang ada penyakit pada ginjal anda, dapat segera terselesaikan. Semoga bermanfaat yooo...

Lihat juga: