Penyebab Jerawat Batu

Inilah Sembilan Macam Penyebab Jerawat Batu Yang Terjadi Dimasyarakat Pada Umumnya


Penyebab Jerawat Batu
Jerawat batu cukup banyak diderita oleh kaula remaja. Sudah banyak cara dilakukan untuk mengatasi gangguan kulit ini. Tapi tidak sedikit seseorang yang gagal untk mengusir jerawat mereka. Malah semakin bertambah parah.

Untuk itu kita harus tahu terlebih dahulu beberapa penyebab jerawat batu pada umumnya. Untuk apa kita susah-susah membasmi jerawat sedangkan sumber penyebabnya terus saja ada. Yah, bakalan timbul lagi jerawatnya. Gak mau hal ini terjadi. Silahkan simak informasi dibawah ini, yang telah kami sadur dari sumber lain, yang kami lupa akan alamatnya. Maaf...

9 Penyebab Jerawat Batu


  • Faktor keturunan
Penyebab jerawat batu pertama adalah karena faktor keturunan. Anak-anak yg lahir dari orang tua dengan riwayat jerawat batu cenderung akan menjadi pewaris masalah yg sama.

  • Gaya hidup
Gaya hidup terutama menyangkut jenis makanan dan minuman yg seringkali dikonsumsi. Sejumlah makanan tertentu yg mengandung lebih banyak lemak dan karbohidrat dapat menjadi pemicu munculnya jerawat batu. Faktor stress juga bisa memicu timbulnya jerawat.

  • Kondisi kulit
Kulit yg sangat berminyak merupakan pemicu utama terjadinya jerawat batu. Kulit berminyak bisa disebabkan akibat faktor hormonal, diet tinggi lemak dan karbohidrat atau karena udara panas. Selain itu, kulit yg mudah berkeringat juga bisa menjadi pemicu terjadinya jerawat.

  • Alergi terhadap jenis makanan tertentu
Salah satu penyebab jerawat batu yang sering ditemukan adalah karena makanan dari jenis sea food, seperti udang, ikan, kerang dan sebagainya.

  • Paparan sinar matahari dalam waktu lama dan intensitas tinggi.
Meski diakui bahwa sinar matahari mengandung faktor pembentuk vitamin D, tetapi jika terpapar dalam waktu yg lama dengan intensitas tinggi, kulit juga bisa rusak, terutama kulit di area wajah. Kerusakan kulit wajah bisa menjadi awal datangnya serangan jerawat batu.

  • Sel kulit mati.
Regenerasi sel kulit yg lambat pun bisa mengundang datangnya jerawat. Hal ini biasanya terjadi pada usia dewasa dengan tanda-tanda pelepasan kulit mati yg tidak sempurna.

  • Penyumbatan kelenjar kulit.
Jika kelenjar sebacea pada kulit wajah tersunbat akibat kotoran, debu yg bercampur keringat dan minyak dari pori-pori wajah, maka dapat menyebabkan terjadinya jerawat batu.

  • Kosmetik wajah.
Pemakaian kosmetik wajah yg berlebihan, misalnya cream pemutih wajah, bedak tabur dan produk lain yg mengandung bahan berbahaya. Hampir semua kosmetik wajah mengandung bahan kimia, kecuali yg benar-benar berbahan baku herbal. Nah, kosmetik yg mengandung bahan kimia jika dipakai berlebihan dalam waktu yg cukup lama sangat potensial menjadi perusak kulit wajah dan mengundang datangnya masalah kulit wajah seperti jerawat, atau pengelupasan kulit wajah.

  • Bakteri
Penyebab jerawat batu yang terakhir disebabkan karena pengaruh bakteri. Bakteri dapat berkembang biak di dalam kelenjar kulit yg tersumbat dan menghasilkan toxin yg menyebabkan iritasi pada kulit.

Setelah kita tahu apa saja penyebab jerawat batu, ada baiknya kita juga tahu cara mencegahnya. Oke silahkan anda membaca beberapa cara mencegah jerawat batu di bawah ini.

Cara Mencegah Jerawat Batu

Cara terbaik untuk mencegah munculnya jerawat batu adalah melakukan diet makanan sehat yg alami. Usahakan mempunyai pola makan yg sehat dan teratur, banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Selain mengandung vitamin, buah dan sayur juga mengandung banyak mineral. Nah, mineral yg baik untuk kesehatan kulit dan termasuk pembasmi jerawat adalah Zinc dan Kromium.

Zinc mengatur produksi kelenjar minyak dan berfungsi sebagai antioksidan, memurnikan dan pembentuk jaringan kulit dengan cepat, juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan yg kaya akan Zinc adalah daging, makanan laut (sea food), produk susu dan kacang-kacangan.

Sementara Kromium membantu menjaga warna kulit yg sehat dan melawan infeksi dalam tubuh. Karena sulit untuk menelan kromium cukup dalam makanan sehari-hari, suplemen mungkin satu-satunya cara untuk memastikan tingkat kromium yg memadai. Kromium dapat diperoleh dari jamur, kenari, kacang tanah, kacang mete, almond, wortel, bayam, apel, pisang, dan jeruk.

Selain itu, suplemen vitamin dan mineral lainnya juga akan membantu terpenuhinya nutrisi yg dibutuhkan tubuh dan kulit, sehingga menjadikan kulit terlihat sehat lebih sempurna.

Oke, cukup sekian saja beberapa informasi menarik tentang penyebab jerawat batu di atas. Semoga bermanfaat...

Lihat juga: