Penyakit Kanker Serviks

Ada 7 Penyebab dan Juga 7 Gejala Dalam Penyakit Kanker Serviks Yang Umum Terjadi Dimasyarakat


Penyakit Kanker Serviks
Penyakit kanker serviks adalah sebuah kanker yang menyerang organ leher rahim kaum wanita, yang disebabkan oleh sejenis virus berbahaya yang bernama human papilloma virus (HPV) onkogenik. Kanker ini bisa menyebakan seorang wanita menjadi tidak dapat mengandung bayi lagi.

Gejala penyakit kanker serviks susah sekali diketahui jika kankernya masih memasuki stadium awal atau tengah, nah ketika penyakit kanker serviks mereka memasuki stadium akhir baru deh bisa terlihat gejala yang ditimbulkan. Tapi pada setiap wanita memiliki tanda-tanda yang berbeda-beda. Jadi harap waspada yaa...

Ada banyak sekali penyebab penyakit kanker serviks, tetapi yang perlu kita ketahui ada beberapa saja. Kebanyakan sih disebabkan karena prilaku tidak higienis dan karena prilaku seks yang menyimpang. So, jadi wanita harus harus selalu menjaga kebersihan dirinya, terutama daerah kelaminnya. Dan jangan coba-coba berhubungan badan yang menyimpang dari agama.

Di negara-negara maju kasus penyakit kanker serviks sudah berkurang dengan baik, sedangkan sebaliknya untuk negara-negara berkembang kasus ini malah semakin meningkat tinggi. Lalu Apa yang membedakan diantara keduanya?

Yang membedakannya adalah di negara-negara maju program yang biasa disebut Pap Smear (deteksi dini terhadap penyakit kanker serviks) sudah terlaksana dengan efektif dan optimal. Program deteksi Pap smear adalah program pemeriksaan terhadap kondisi rahim seorang wanita setidaknya setiap 2 tahun sekali.

Penyebab Penyakit Kanker Serviks


Penyebab kanker serviks secara umum itu disebabkan oleh berkembangbiaknya human papilloma virus (HPV) onkogenik di dalam dan sekitar organ leher rahim seorang wanita. "Wah berarti para pria terbebas dong?" "Ya pastilah, namanya juga kanker serviks atau bahasa indonesianya kanker leher rahim, mana ada pria yang memiliki rahim".

Di sini kita akan membedakan penyebab penyakit kanker serviks menjadi dua bagian besar, yaitu: faktor dalam dan faktor luar.

Faktor Dalam

Faktor inilah yang sulit untuk kita hindari, yaitu faktor U (umur). penyakit kanker serviks sering sekali terjadi pada wanita yang berumur diatas 40 tahun. Semakin berumur seorang wanita, maka akan semakin rentanlah dirinya terkena penyakit ini. Nah itulah mengapa penyebab yang satu ini saya sebut sulit untuk kita hindari. Tentu kita tidak bisa mencegah terjadinya proses penuaan bukan.

Tapi di zaman sekarang ini, penyakit kanker serviks sudah tidak lagi hanya menyerang kaum tua, wanita yang masih muda juga bisa terkena kanker ini. Coba deh anda lihat di sinetron atau film-film, ada banyak kejadian wanita muda tidak bisa mengandung atau melahirkan bayinya dan mengalami keguguran dikarenakan penyakit ini.

Faktor Luar

Nah kalo faktor-faktor ini bisa kita hindari. Lalu apa sajakah itu? Yuk kita baca satu persatu.
  • Penyakit Menular Seksual (PMS).
Merupakan penyakit-penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak sehat. PMS yang sering kali menjadi penyebab penyakit kanker serviks adalah HIV-AIDS, penyakit HPV lain, sifilis, gonore, herpes simpleks, dan kutil kelamin.

  • Keputihan Abnormal.
Jangan anda biarkan terus menerus keputihan abnormal ini tanpa diobati. APakah anda tahu keputihan abnormal itu? Keputihan abnormal itu adalah keputihan yang tidak normal. Sedangkan keputihan normal memiliki ciri-ciri yaitu: lendir berwarna bening, tidak berbau dan tidak gatal. Jadi bila salah satu dari ketiga indikasi ini tidak terpenuhi, maka keputihan anda dikatakan tidak normal. Mudah kan...

  • Pembalut berbahaya.
Yang dinamakan pembalut berbahaya adalah pembalut yang mengandung bahan dioksin dalam bahan pembalut tersebut. Dioksin merupakan bahan pemutih kertas. Bahan ini digunakan untuk mendaur ulang kertas yang tidak terpakai untuk dipakai kembali. Pemakaian yang terus menerus terhadap pembalut ini bisa membuat alat kelamin anda teriritasi tanpa anda sadari.

  • Kebersihan kelamin.
Sebaiknya anda lihat dulu kebersihan toilet tempat anda ingin membuang air besar atau kecil. Jika terlihat kotor dan tidak terawat, sebaiknya anda hindari dan cari yang lain. Karena air di toilet yang tidak bersih banyak dihuni oleh kuman-kuman penyebab penyakit.

  • Berhubungan seksual di usia yang terlalu muda.
Faktor ini dikarenakan alat kelamin anda belum siap untuk hal ini di umur yang terlalu muda. Jika dipaksakan, boleh jadi nikmat oleh anda tetapi sel-sel kelamin anda merasa terganggu. Dan kemudian bisa jadi salah satu sel kelamin anda menjadi tak terkontrol pertumbuhannya, dan jadilah tumor atau penyakit kanker serviks.

  • Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
Di aturan agama saja tidak boleh. Ini berarti ada banyak hal-hal negatif yang akan terjadi jika anda melakukannya. Bukan hanya kondisi kesehatan diri anda yang terganggu, tapi kondisi sosial anda juga akan rusak.

Gejala Penyakit Kanker Serviks


Sebenarnya ada banyak sekali gejala kanker serviks yang mungkin terjadi. Pada setiap wanita mungkin akan berbeda-beda gejalanya. Tapi tenang aja, di sini kami akan memberikan beberapa gejala kanker serviks yang umum terjadi di masyarakat. Jadi kalo salah satu dari anda ada yang mengalaminya, disarankan untuk mengeceknya atau melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan secepatnya.

Kita kelompokkan gejala penyakit kanker serviks menjadi 2 kelompok umum, yaitu gejala dalam dan luar:

Gejala Dalam

  • Keputihan Abnormal
Tahu nggak keputihan abnormal yang kami maksud di sini? Keputihan abnormal yang kami maksud disini adalah keputihan yang berlebihan dan sering diikuti oleh adanya darah. Ada juga penderita yang mengeluhkan gejala penyakit kanker serviks, karena mereka mengalami keputihan yang berbau tak sedap, tebal dan sangat berlendir. Jika anda mengalami keputihan seperti ini, tolong segera periksakan diri ke dokter kandungan terdekat.

  • Menstruasi Abnormal
Wanita yang memiliki penyakit kanker serviks biasanya akan mengalami menstruasi yang berlebihan. Darah yang keluar akan diperparah oleh keberadaan kanker ini. Dalam sebulan bisa jadi pendarahan ini sulit anda kontrol.

  • Pendarahan diluar Menstruasi
Pendarahan ini terjadi diluar saat anda sedang menstruasi, seperti: saat berhubungan intim selalu merasakan sakit dan bahkan sering disertai dengan pendarahan, saat berolahraga atau melakukan aktifitas berat tiba-tiba keluar darah padahal tidak sedang menstruasi dan bahkan jika sudah parah saat hanya melakukan aktifitas ringan pun darah bisa keluar.

  • Nyeri Buang Air Kecil
Merasa kesakitan saat buang air kecil akan dirasakan oleh seorang wanita dengan penyakit kanker serviks stadium lanjut. Hal ini terjadi dikarenakan kankernya sudah menyebar ke kandung kemih dan saluran kemihnya. Kalo sudah begini itu tandanya kewaspadaan anda mesti di tingkatkan ke tingkat gawat darurat. Aduh kata-katanya terasa lebay banget yaa...hehe...

Gejala Luar


  • Nyeri Panggul
Eit, nyeri panggul disini bukan nyeri panggul saat menstruasi, karena nyeri panggul seperti ini dikatakan normal. Nah kalo nyeri panggulnya terjadi diluar saat anda sedang mens dan terjadi selama berjam-jam, itu yang baru anda perlu waspadai. Rasa sakit ini bisa berupa nyeri yang ringan, tajam atau bahkan sangat parah.

  • Pembengkakan Paha
Saat perempuan mengalami stadium lanjut, mereka akan merasakan sakit pada bagian paha dan mungkin akan terjadi pembengkakan pada salah satu pahanya.

  • Gejala Biasa
Kalo geja-gejala yang satu ini sih biasa saja. Karena hampir semua penyakit akan menimbulkan gejala seperti ini. Jadi jangan anda jadikan tolak ukur yaa. Lalu apa saja kah gejala yang biasa ini? Yaitu: nafsu makan anda sangat berkurang, berat badan menjadi tidak stabil, dan lain sebagainya.

Oke, mudah-mudahan informasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk anda sekalian, see you again...

Lihat juga: