Pencegahan Kanker Serviks

7 Cara Pencegahan Kanker Serviks Yang Paling Ampuh Untuk Anda, Teman-Teman Dan Keluarga Lakukan


Pencegahan Kanker Serviks
Kanker serviks merupakan salah satu dari penyakit mematikan yang sering sekali menjangkiti kaum wanita. Ada banyak sekali yang terlambat untuk proses pengobatannya. Sehingga kankernya ini sulit sekali untuk disembuhkan. Oleh karena itu, inilah gunanya kita mengetahui hal-hal pencegahan kanker serviks.

Jika kalian tahu penyebab-penyebab terjadinya kanker serviks, itu berarti serta merta kalian juga akan mengetahui bagaimana cara pencegahan kanker serviks tersebut. Jika anda belum tahu penyebab-penyebabnya, silahkan baca dulu yaa postingan kami yang berjudul Penyebab Kanker Serviks.

Di sini pencegahan kanker serviks kita bagi menjadi 2 golongan besar, yaitu pencegahan kanker serviks dalam alat kelamin dan dalam kebiasaan.

Pencegahan Kanker Serviks Dalam Alat Kelamin

  • Hindari Hubungan Intim Usia Dini
Dengan menahan diri sampai pada usia mencukupi untuk berhubungan intim, semoga diri kita terhindar dari kanker ini. Kanker yang bisa terjadi dikarenakan belum siapnya sel-sel kelamin anda untuk berhubungan seperti itu, sehingga terjadilah yang namanya shocking cell. Shocking cell inilah yang bisa menjadi calon kanker.

  • Hindari Multi Partner Seks
Kalo yang ini kami gak bisa komen ah. Karena prilaku ini bukan hanya akan menghancurkan kondisi kesehatan kamu, tetapi juga segala bidang seperti kondisi keagamaan, sosial dan keluarga kamu. Pokoknya say no!

  • Pemeriksaan Pap Smear
Semua dokter kandungan ketika ditanyai bagaimana mencegah terjadinya kanker serviks, pasti jawabannya yaitu dengan melakukan pemeriksaan Pap smear rutin setidaknya setiap 2 tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi keberadaan sel-sel kanker sedini mungkin. Sehingga jika memang ditemukan keberadaan sel kanker ini, dokter akan segera melakukan penanganan dini.

  • Vaksinasi HPV
Nah inilah cara pencegahan kanker serviks terbaru. Dengan diberikannya vaksin human papilloma virus (HPV), diharapkan tubuh kita sudah memiliki antibody untuk melawan virus ini sewaktu-waktu jika datang. Vaksin HPV diberikan pada wanita melalui suntikan sebanyak 3 kali, yaitu pada bulan ke nol, satu dan ke enam. Semakin muda usia seseorang, maka akan semakin efektiflah cara ini. Tapi ingat yaa hanya perempuan usia 10 hingga 55 tahun saja yang boleh divaksin.

Pencegahan Kanker Serviks Dalam Kebiasaan

  • Konsumsi Sayuran dan Buah-Buahan
Perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung nutrisi baik untuk tubuh anda. Untuk sayuran pilihlah sayuran yang mengandung banyak beta karoten. Dan untuk buah-buahan pilih buah yang mengandung banyak vitamin e dan c.

  • Hindari Rokok
Tolong hindari rokok. Ingat loh bukan hanya perokok aktif, tapi menjadi perokok pasif juga harus kita hindari. Malah menjadi perokok pasif dampaknya lebih tinggi dan berat. Pasti anda bertanya-tanya apa sih hubungannya rokok dengan kanker serviks. Wah saya juga belum tahu tuh. Tapi yang pasti di bungkusnya tertulis demikian deh. Hehehe...

  • Menjaga Sanitasi Lingkungan
Yang terakhir selalu jaga kebersihan dan kelembaban tubuh, khususnya daerah yang satu ini. Karena kulit yang lembab rentan sekali terkena jamur, bakteri atau bahkan virus. So keep hygienic and clean yoo...

Nah mudah kan ketujuh cara pencegahan kanker serviks di atas? Kalo memang benar mudah, yuk kita lakukan pencegahannya dari sekarang. Kan enak kalo kita jadi terbebas dari pedihnya menderita kanker serviks.

Yang paling penting dan perlu diingat dalam pencegahan kanker serviks ini adalah melakukan pemeriksaan Pap Smear. Buktinya di negara maju sana, dengan efektifnya menjalankan program Pap smear dari pemerintah, kasus kanker serviks di negara tersebut menjadi menurun secara drastis.

Hargailah hidup, diri anda dan masa depan anda setinggi-tingginya. Oke...

Lihat juga: