Batu Ginjal

Batu Ginjal


Batu Ginjal
Batu ginjal sering disebut Nephrolithiasis (renal calculi) adalah massa keras yg mengkristal seperti batu batu kecil yg dapat terbentuk pada bagian saluran kencing.

Kristal-kristal kecil yg terbentuk di dalam ginjal maupun kandung kemih ini akan bergerak turun ke dalam saluran kemih (ureter) dan menimbulkan penyumbatan bahkan bisa merusak jaringan ginjal. Akibatanya penderita penyakit batu ginjal akan mengalami kesulitan, rasa nyeri dan pendarahan saat buang air.

Karena saking pentingnya informasi tentang penyakit batu ginjal untuk kesehatan diri anda, di sini akan kami berikan beberapa gejala dan penyebab penyakit batu ginjal secara lengkap. Silahkan membaca...

Gejala Batu Ginjal


  • Keluar Darah Saat Kencing
Gejala batu ginjal yg pertama dan yg paling spesifik adalah adanya darah pada cairan kencing kita. Ini dikarenakan batu ginjal kita sudah melukai saluran kencing kita, sehingga dari lukanya ini keluarlah darah. Biasanya kalo sudah begini, tandanya batu ginjal kita sudah besar dan berbahaya. Jadi kita harus segera memeriksakan diri ke dokter.

  • Sakit Punggung
Nah gejala batu ginjal yg selanjutnya adalah timbulnya nyeri pada punggung. Biasanya nyeri ini terletak di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang. Nyeri ini akan berlanjut dan menjalar ke bagian perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam. Hal ini dikarenakan adanya batu ginjal yg menyumbat ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis. Nyeri ini akan terasa semakin hebat seiring bertambah besarnya ukuran batu ginjal tersebut.

  • Sakit Perut Bawah
Sakit ini terjadi jika batu ginjal ini sudah ada di dalam kandung kemih dan menyumbat didalamnya. Dengan adanya sumbatan ini, proses pengeluaran air kemih menjadi terganggu dan akan menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit ini terletak pada perut bagian bawah, tempat kandung kemih berada.

  • Perut menggelembung
Kita pasti sudah bisa memprediksi penyebab dari perut yg menggelembung. Ya benar sekali, hal ini dikarenakan air kemih penderita tersumbat oleh batu ginjal, baik di saluran kemih maupun di kandung kemihnya.

  • Sering Buang Air Kecil Dimalam Hari
Kondisi ini adalah salah satu reaksi dari ginjal kita yg sudah tidak optimal lagi dalam menyaring cairan tubuh, sehingga tidak bisa menahan cairan agar tetap berada di dalam tubuh. Atau malah sebaliknya sebagai reaksi penyembuhan sendiri, agar batu ginjal ini cepat terurai dengan banyaknya air yg mengalir.

  • Gejala Batu Ginjal Tambahan
Gejala batu ginjal yg terakhir ini mungkin hampir setiap penyakit berat akan timbul. Seperti demam, menggigil, mual-mual, dan sering muntah.

Penyebab Batu Ginjal


  • Makanan berkalsium tinggi
Inilah penyebab batu ginjal yg pertama dan yg paling berpengaruh. Kandungan kalsiumnya yg tinggi ini bisa meningkatkan kemungkinan untuk timbulnya batu ginjal. Makanannya seperti: daging, ikan atau sea food dan jeroan.

  • Makanan kaya akan zat oksalat
Penyebab batu ginjal ke-dua adalah segala jenis makanan beroksalat tinggi. Jenis makanan ini seperti coklat, kacang-kacangan, merica, dan sayur bayam

  • Makanan asin
Makanan yg diberi garam cukup banyak, itu artinya makanan ini kaya akan kandungan kalsiumnya. So, kalo ingin membuat makanan jangan asin-asin yaa.

  • Minuman beroksalat tinggi
Minuman beroksalat yg dimaksud di sini seperti teh, kopi, minuman coklat, dan berbagai macam softdrink. Contohnya teh, minuman ini banyak mengandung zat mineral yg cukup tinggi. Jika penggunaan tidak berlebihan minuman ini akan sangat menyehatkan, tapi bila berlebihan hal ini bisa mengakibatkan penimbunan zat mineral dari teh tersebut.

  • Kondisi dehidrasi
Ketika kita selalu dalam keadaan dehidrasi bisa jadi ini akan menjadi salah satu penyebab batu ginjal. Keadaan dehidrasi membuat tubuhmu bereaksi untuk menahan sebanyak mungkin cairan dan elektrolit dalam tubuh. Ini mengakibatkan ginjal berusaha keras agar urin yg dihasilkan bisa sedikit mungkin dan dalam keadaan lebih pekat. Nah inilah yg akan mempermudah terjadinya proses pembentukan batu ginjal.

  • Pengaruh penyakit lain
Ada beberapa penyakit yg bisa mempengaruhi timbulnya batu ginjal, seperti: hyperoxaluria, cystinuria dan renal tubular acidosis. Penyakit diabetes melitus juga termasuk kedalam penyakit ini, itu artinya kondisi ginjalmu sedang sangat menurun. Sehingga rentan sekali terkena penyakit batu ginjal.

  • Mengkonsumsi suplemen berlebihan
Konsumsi suplemen yg rutin setiap hari besar kemungkinannya terkena penyakit ini, terutama suplemen vitamin C. Suplemen ini kan buatan manusia bukan alami, sehingga ginjal kita butuh kerja keras untuk menyaringnya. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi pengkonsumsi suplemen untuk mengimbanginya dengan kebutuhan air putih minimal 2 liter setiap hari.

  • Konsumsi obat-obatan
Memakan obat-obatan yg berlebihan, apalagi tanpa bimbingan dari dokter akan membuat pekerjaan ginjalnya semakin berat. Bisa jadi sisa-sisa obat yg tersaring oleh ginjal dan akan dikeluarkan lewat saluran kencing, mulai mengendap dan mengkristal membentuk batu. Hingga akhirnya terbentuklah batu ginjal.

  • Keturunan
Dan penyebab batu ginjal yg terakhir adalah karena faktor keturunan. Walaupun faktor keturunan bukan menjadi penyebab yg penting, tapi seseorang yg di salah satu keluarganya ada yg pernah atau sedang mengalami penyakit ini. Dia akan lebih mudah terkena hal serupa dibandingkan dengan orang lain yg tidak memiliki faktor keturunan. Ini dikarenakan mungkin kondisi organ ginjalnya sama lemahnya dengan salah satu anggota keluarganya itu.

Oke, terimakasih sudah membaca artikel kami ini. Semoga kita bisa terhindar atau sembuh dari penyakit batu ginjal ini. Bey...

Lihat juga: