SALON RAMBUT

Merintis Bisnis Salon Rambut Gak Sesusah Yang Kita Bayangkan Dan Gak Semahal Yang Kita Pikirkan

Salon Rambut
Hayo siapa yang mau ber-bisnis salon? Jangan malu-malu deeeh. Hehehe...

Sebelum membuka bisnis salon ada baiknya kita merencanakan terlebih dahulu apa yang akan kita lakukan nantinya. Istilah ngetrennya sih "bisnis plan". Kalo tidak bisa-bisa salon rambut kita akan tutup dalam hitungan hanya beberapa bulan. Gak mau itu terjadi kan.

Dengan bisnis plan, kita seenggaknya bisa memperkecil resiko bisnis salon-nya gagal. Namanya juga bisnis pasti akan selalu ada resiko gagalnya. Berikut ini adalah beberapa bisnis plan sederhana yang harus kita lalui satu demi satu:

Lokasi Salon Rambut

Kata semua orang pembisnis, lokasi adalah kunci utama yang akan menentukan sukses tidaknya bisnis kita, walaupun ada banyak faktor lain lagi yang menentukan. Tentukanlah lokasi bisnis salon kita akan berdiri.

Modal
Apakah dengan menggunakan uang sendiri atau patungan? Enaknya sih membuka bisnis salon dengan uang sendiri. Hehehe...

Bangunan
Apakah ingin membangun sendiri bangunannya? Apakah ingin membeli bangunan yang sudah ada? Atau apakah ingin menyewa? Pertimbangkan baik-baik yaaa... Saran kami sih lebih baik menyewa dulu aja. Nanti kalo bisnis salon milik kita sudah punya banyak pelanggan, baik pelanggan tetap maupun musiman dan sudah punya "nama", baru deh kita bangun sendiri atau membeli bangunan yang sudah ada.

Target Konsumen
Tentukan target konsumen kita! Bisa kaum remaja sekolahan atau remaja kuliahan atau wanita karir atau ibu rumah tangga.

Produk
Jangan berkata "ah produk saya yaa semuanya, target konsumen saya ya semua orang" itu menandakan kita belum bisa fokus.

Ada banyak pilihan produk yang bisa diberikan, seperti: perawatan rambut atau mata atau wajah atau kulit atau kuku. Pilih salah satunya dan tonjolkan ke konsumen. Gunanya memilih satu ini selain untuk efisiensi tenaga dan modal juga untuk pencitraan bisnis salon kita loh teman-teman. Kalo udah ramai sih mau semuanya juga boleh deeh.

Harga
Jangan coba-coba mengawali bisnis salon rambut dengan harga mahal loh. Nantinya konsumen bisa-bisa dalam hati berkata "ini yang pertama dan yang terakhir kalinya gue ke salon rambut ini". Gak mau kan? Pakailah tarif rata-rata yang dipakai di daerah itu. Eh jangan lupa buat promo harga juga ya teman!

Ciri Khas
Tunjukkan pada pelanggan, ini loh ciri khas bisnis salon kita. Sehingga gampang mereka ingat dan berkesan.

Karyawan
Nah kalo baru pertama kali yah gunakan keahlian sendiri aja dulu deeh...

Nama
Buatlah dengan daya kreatifitas kita. Pasti pada bisa kan.

Promosi
Inilah teman-teman kunci sukses ke-dua setelah lokasi. Buat apa kita membangun bangunan yang mewah tapi sepi pengunjung? Lihat aja bisnis-bisnis yang udah sukses di luaran sana. Seperti maaf "KFC", ayamnya masih enakan buatan abah tingtong, tapi karena promosi mereka gila-gilaan jadi sukses deh. Mau kayak mereka gak? Dan inilah kunci kita yang ke-tiga yang terakhir.

Sistem Bisnis
Gak mau kan kita bekerja terus sampai tua? Nah maka dari itu buatlah sistem bisnis salon! Kita bisa belajar dari sistem bisnis perusahaan ayam goreng ini, seperti cara mereka memberi salam kepada konsumen, membersihkan lantai, mengucapkan salam perpisahan, menggoreng ayamnya dan lain sebagainya. Pokoknya banyak deeh.

Semoga salon rambut kita sukses...

Lihat juga: