Diet Menurunkan Berat Badan Dengan Sayuran Segar

Salah Satu Cara Diet Menurunkan Berat Badan Yang Patut Dicoba Dengan Sayuran Segar


Diet Menurunkan Berat Badan
Tidak sedikit orang yang salah melakukan dietnya. Mereka menggantikan cemilan keripik kentang dengan keripik sayur. Makasudnya sih baik, tapi caranya menurut ilmu gizi dikatakan tidak cocok.

Banyak orang yang melakukan diet menurunkan berat badan menganggap keripik sayur cocok sekali dipilih sebagai alternatif menggantikan keripik kentang. Menurutnya keripik sayur mengandung lebih banyak serat dan vitamin dibandingkan dengan keripik dari kentang. Tapi faktanya, sebagian besar vitamin dari sayuran segar akan menghilang selama proses pembuatan keripiknya.

Selain itu keripik sayur juga banyak mengandung lemak, kalori dan garam. Sangat tidak cocok dijadikan makanan diet menurunkan berat badan. Trus makan seperti apa yang baik? Tentu saja sayuran segar atau sayuran utuh.

Diet Menurunkan Berat Badan

Sayuran segar bisa juga loh dijadikan cemilan pengganti snack. Misalnya saja mentimun, wortel, kacang panjang dan salad.

Anda sudah tahu kan kandungan sayuran segar, so gak usah ragu lagi untuk dijadikan sebagai cemilan diet menurunkan berat badan. Anggap saja anda sedang memakan lalapan. heheh...

Gimana mudah kan caranya??

Oke, setelah kita tahu diet menurunkan berat badan seperti di atas. Ada baiknya yuk kita mengenal manfaat dan khasiat dari beberapa buah-buahan dan sayur-sayuran sehat di bawah ini. Agar kita bisa lebih tahu tentang seluk beluk makanan yang kita makan sehari-hari. Dan bisa anda gunakan sebagai panduan bagi kondisi kesehatan anda.

Seri Buah Dan Sayur-Mayur

  • Kesemek
Kesemek adalah nama buah-buahan dari marga Diospyros. Buah kesemek berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat, hijau kekuning-kuningan sampai merah, dengan daun kelopak yg gak rontok. Kesemek sekarang sudah sulit dijumpai ato hampir punah. Kesemek yg matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm. Buah ini bisa dimakan langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur dan diperam, agar rasa sepatnya hilang. Buah ini juga bisa dikeringkan ato diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain.

Buah kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium. Buah kesemek yg muda mengandung zat tanin yg dinamai tanin-kaki, yg menimbulkan rasa sepat pada buah. Zat ini akan berkurang bersama dengan masaknya buah. Tanin-kaki dimanfaatkan tuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi.

  • Kurma
Kurma adalah buah ciri khas timur tengah. Setiap 100 gram kurma segar mengandung sumber vitamin C dan energi sebesar 230 kcal (960 kJ). Air yg terkandung dalam kurma relatif sedikit dan hal ini gak menjadikannya jauh lebih pekat pada saat proses pengeringan berlangsung, meskipun vitamin C-nya akan hilang. Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma bisa dianggap sebagai makanan yg hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yg potensial." Kurma adalah sumber makanan yg sangat baik tuk diet kalium. Kandungan gula pada kurma yg telah matang sekitar 80%; sisanya terdiri dari protein, serat, dan elemen termasuk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, dan seng.

Minyak bijinya cocok tuk digunakan dalam bentuk sabun dan kosmetik. Bijinya ini juga bisa diolah secara kimia sebagai sumber asam oksalat. Sedangkan daging kurma memiliki kandungan tannin yg tinggi dan secara medis digunakan sebagai deterjen (memiliki daya pembersihan) dan astringent pada usus yg bermasalah. Kurma bisa diberikan tuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam dan sejumlah keluhan lainnya dalam bentuk infus, ramuan, sirup ato pasta. Satu keyakinan tradisional mengatakan bahwa kurma bisa menetralkan keracunan alkohol. Bubuk biji juga digunakan dalam beberapa obat-obatan tradisional.

Cukup sekian saja sedikit informasi dari artikel kami yang berjudul diet menurunkan berat badan ini. Anda bisa mendapatkan seri buah dan sayur lainnya pada postingan kami yang lain. Terimakasih dan semoga bermanfaat yoo...

Lihat juga: