SIROSIS HATI

Ada Yang Tahu Penyakit Seperti Apakah Sirosis Hati Itu Beserta Penyebab Dan Gejala yg Ditimbulkannya?

Sirosis Hati
Menurut statistik yg dilaporkan ke WHO dari 55 negara. Setiap tahunnya jumlah orang yg meninggal karena sirosis hati kira-kira melebihi 310.000 orang. Tingkat kematian ini menduduki nomor 5 didunia, setelah kanker, penyakit jantung, penyakit serebrovaskular dan kecelakaan. Selain itu 85% kasus penyakit ini terlihat pd pasien usia 21-50 tahun, dengan rasio pria dan wanita (4-8) : 1.

Merupakan penyakit umum kronis hati, yg disebabkan oleh kerusakan pd organ hati. Dimana jaringan hati yg normal digantikan oleh jaringan parut atao fibrosis yg terbentuk melalui proses bertahap, yaitu:
  1. Nekrosis sel hati
  2. Terjadinya proliferasi jaringan fibrosa
  3. Tumbuhnya nodul-nodul
  4. Lama kelamaan hepatik lobus dan sirkulasi darah akan terganggu
  5. Terjadi deformasi organ hati
  6. Dan akan menjadi pengerasan.

Penyebab Sirosis Hati

Penyebab yg paling sering terlihat adalah hepatitis virus, seperti: hepatitis B, C, dll. Juga alcoholic hati ato fatty hati, kolestasis, keracunan obat, malnutrisi, dan faktor lain yg dapat menyebabkan kerusakan pd hati.

Berikut adalah penjelasan beberapa penyebab terjadinya penyakit ini:
  • Virus Hepatitis
    Di Asia Tenggara, penyakit hepatitis B kronik, paling sering terlihat. Dan menjadi penyebab utama sirosis vena portal hati.
  • Alkoholisme
    Konsumsi alkohol yg berlebihan adalah salah satu faktor yg dapat menyebabkan sirosis. Karena alkohol memiliki efek yg toksik terhadap organ hati dan dapat merusak sel-sel pd hati.
  • Racun/obat-obatan
    Pemakaian jangka lama terhadap obat-obatan ato eksposur pada racun dapat menyebabkan kerusakan pada hati dan akhirnya muncullah sirosis ini.
  • Malnutrisi
    Malnutrisi dpt mengurangi kekebalan tubuh, jadi dpt mengurangi juga daya pertahanan sel-sel hati terhadap zat toksik dan virus. Oleh karena itu malnutrisi secara tidak langsung dpt menjadi penyebab sirosis.
  • Kolestasis
    Obstruksi extrahepatik saluran empedu ato obstruksi intrahepatik kolestasis. Peningkatan level bilirubin dpt merusak sel hati, lama kelamaan akan menyebabkan sirosis.
  • Gangguan peredaran
    Kongestif jantung kronis, gagal jantung, chronic constrictive pericarditis dpt menyebabkan penyumbatan pd sistem interhepatik dan menginduksikan nekrosis & fibrosis sel hati, ini jg disebut congestive cirrhosis ato cardiac cirrhosis.
  • Schistosomiasis
    Infeksi dari Schistosomiasis dpt menyebabkan portal hypertension ato disebut jg Schistosomiasis cirrhosis. Schistosomiasis adalah semacam parasit.
  • Kriptogenik
    Banyak faktor penyebab lain yg masih belum di ketahui. Ini juga disebut, kriptogenik sirosis.

Gejala Dini

  • Penurunan berat badan
    Dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan, jg menyebabkan malabsorpsi vitamin, mineral dan protein ato biasa disebut albumin.
  • Kehilangan nafsu makan
    Ini adalah gejala paling umum awal, kadang-kadang disertai mual, muntah. Gejala ini disebabkan oleh kerusakan sel-sel hati menyebabkan stagnasi pencernaan dan gangguan pd sekresi enzim gastrointestinal.
  • Cepat capek
    Tingkat kelelahan tergantung level aktifitas hati, bila hatinya harus bekerja lebih banyak, pasien akan merasa lebih lelah.

Gejala Lanjutan

Gejala dini memang tidak begitu kelihatan. Setelah mencapai stadium lanjut baru akan mulai kelihatan gejalanya. Ini dikarenakan fungsi organ hati sudah ‘kelelahan’. Gejala-gejala lanjutannya adalah sebagai berikut:
  1. Kanker
  2. Infeksi sekunder
  3. Disfungsi hati
  4. Hipertensi portal
  5. Pendarahan gastrointestinal
  6. Hepatik ensefalopati

Nah itulah di atas sebagian informasi yang bisa kemi berikan tentang penyakit sirosis hati. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semuanya yoo...

Lihat juga: