RAMBUT

Yuk Berkenalan dengan Rambut Kita! Kali-Kali Aja Ada Salah Satu Dari Kita Yang Belum Kenal Dengannya

Rambut
Rambut, selama ini kita slalu menyebut pada bagian yg tumbuh di kepala. Tapi sesungguhnya, jaringan ini jg meliputi semua yg ada di tubuh. Jadi mulai dr kepala, alis, hidung, telinga, kumis, jenggot, cambang, dada, tangan, hingga kaki tetap disebut dengan kata ini.

Memang, penamaan 'bulu' pada bagian selain yg tumbuh di atas kepala sudah umum, maka tak ada yg salah dg penyebutan tersebut. Walau demikian, sel-sel yg membentuk 'bulu' pada hidung, mata, tangan, dada, kaki, sama dengan sel yang tumbuh di kepala ini. Ok, secara ilmiah, kita sebut semuanya dengan rambut.

Nah, rambut terbagi menjadi dua kelompok besar yakni:
  1. Terminal

    Terminal memiliki struktur yang kasar, tebal, panjang & banyak mengandung zat pigmen warna. Ada di kepala, alis, bulu mata dan ketiak.

  2. Velus

    Kebalikannya yaitu halus, pendek dengan sedikit mengandung pigmen. Ada di seluruh tubuh lainnya seperti tangan, dada, kaki, kecuali telapak tangan & kaki.

Fungsi Rambut

Keberadaan rambut pada tubuh kita sangat berguna. Selain kini berperan secara estetika (membuat kita lebih bergaya dengan tatanan atau gaya tertentu), juga berfungsi secara kesehatan.
  1. Membuat kita tetap hangat.
  2. Melindungi organ hidung, telinga dan sekitar mata dari debu & partikel lainnya.
  3. Alis dengan bulu mata melindungi mata, mengurangi cahaya agar tak langsung menerpa indera netra kita.
  4. Membuat lebih hangat, juga menjadi bantalan yg melindungi tubuh dari luka.

Bagian Rambut
Secara biologi, terdiri dari tiga bagian utama, yaitu ujung, batang dan akar.
  1. Ujung merupakan bagian yg berbentuk runcing ada pd bagian akhir atau ujung.
  2. Batang adalah bagian yg berada di luar kulit berupa benang-benang halus, terdiri dari keratin ato sel-sel tanduk.
  3. Akar adalah bagian yg ada di dlm kulit jangat. Ini terdiri atas folikel, bulbus (hair bulb), papila, pembuluh darah, kelenjar minyak, kelenjar keringat, dengan beberapa pigmen. Folikel merupakan saluran yg menyerupai kantong dan berperan melindungi tunas rambut.
Sementara bulbus adalah bagian akar yg menggelembung & mengandung sel-sel aktif yg membentuk rambut, ada di bawah folikel. Gunanya tuk menyerap udara serta kotoran serta sebum yg menumpuk.

Papila merupakan tempat untuk membuat sel-sel tunas dengan sel-sel pigmen melanin yg menentukan warna padanya. Papila berada di folikel paling bawah, sehingga jg bertugas menerima nutrisi dari folikel.

Ketika sel-sel rambut baru tumbuh, mereka kan memproduksi keratin tuk mengeraskan strukturnya. Saat inilah mereka bertumbuh panjang, sehingga bagian sel-sel tang paling ujung terdorong ke luar folikel lalu muncul di permukaan sebagai batang. Pembuluh darah yg berada di bagian akar ini kemudian menyuplai nutrisi bagi sel-sel epidermis untuk tetap tumbuh.

Rambut diketahui tumbuh lebih cepat di cuaca panas sebaliknya tumbuh lebih lambat pada malam hari. Menurut penelitian, setiap helai tumbuh sepanjang 6 mm dlm 1 bulan dan kan tetap tumbuh hingga 6 tahun. Selanjutnya mereka kan rontok dg sendirinya.

Namun, kondisi di atas mungkin terjadi pada pertumbuhan 'normal'. Bila dilakukan perawatan, bisa jadi kan terus bertumbuh panjang seperti beberapa orang yg mencetak rekor dg panjang hingga bermeter-meter.

Lapisan pada rambut
Lapisan pada rambut
Bahan dasarnya adalah serat protein keratin yg dibuat oleh keratinosit di dlm epidermis (lapisan kulit terluar). Tiap helai batang terdiri dr kombinasi kompleks senyawa protein yg dibagi lagi jadi tiga:
  1. Kutikula
    Disebut jg selaput rambut. Lapisan terluar yg tipis juga tak berwarna ini berperang melindungi agar inti keratin protein yg berserat senantiasa terjaga. Kutikula memiliki protein yg terkait erat sebagai pertahanan terhadap kerusakan.
    Pemakaian zat-zat kimia berlebih dapat merusak lapisan kutikula, yg pada akhirnya tak mampu lagi melindungi tubuh dari kerusakan. Oleh sebab itulah, sebisa mungkin lakukan perawatan yg tepat agar tak merusak kutikula.
  2. Korteks
    Korteks ato kulit rambut berada di antara kutikula dengan medula. Terdiri dari kombinasi mikrofilamen, yaitu benang-benang halus ato fibril yg sangat terstuktur. Lapisan korteks yg tebal ini memuat pigmen melanin - zat yg memberi warna.
    Dari pigmen melanin pada korteks inilah yg membuat seseorang bisa memiliki warna hitam, pirang, merah, cokelat. Pada warna pirang, hal ini terjadi akibat rendahnya jumlah melanin dlm korteks ini.
  3. Medula
    Medula disebut juga sumsum rambut. Letaknya pada lapisan terdlam yg dibentuk oleh zat tanduk yg berwujud anyaman dg rongga-rongga berisi udara. Lapisan ini dapat memantulkan cahaya.
    Pada lapisan ini pula yg menjadi dasar struktur rambut berbentuk lurus ato keriting. Bagi yg lurus, penampang melintangnya berbentuk bundar ato lonjong dengan berombak pada satu sisi. Sementara bagi yg keriting, bentuk penampang melintangnya tak menentu, kadang berbentuk menyerupai ginjal.

Bagaimana rambut bertumbuh?
Semua sel pada tubuh, termasuk sel jaringan ini, memiliki siklus tumbuh, tidak tumbuh akhirnya mati. Keadaan mati ditantakan dengan adanya kerontokan.

Seperti disinggung di atas, proses pertumbuhan rambut dimulai dengan pembentukan sel-sel baru di bagian akar. Lalu sel-sel ini didorong ke luar menjadi batang. Saat tumbuh ke luar, sel-sel ini berhenti menyerap nutrisi kemudian mulai menghasilkan keratin. Proses ini dinamai 'keratinisasi'. Saat inilah, sel-sel ini bersama keratin membentuk batang.

Ada tiga fase pertumbuhan yakni:
  1. Fase anagen
    Pada kulit kepala ada sekitar 100.000 helai yang sebagian besar masih dlm fase pertumbuhan. Rambut berada pd fase ini selama 2-6 tahun (bervariasi pada tiap individu secara genetis).
  2. Fase katagen
    Fase anagen diikuti oleh fase katagen. Yakni fase peralihan di mana terjadi regresi folikel, pengurangan panjang dan juga volume. Fase ini berlaku sekitar 2-3 minggu.
  3. Fase telogen
    Fase ini merupakan fase istirahat dari siklus rambut, berlangsung sekitar 3 bulan. Lalu diakhiri dengan perontokan serta pembentukan tunas baru. Kerontokan yg terjadi pada ambang normal adalah 75-100 helai.
Kulit kepala yg normal memiliki sekitar 90% dlm fase anagen & 10% dlm fase telogen.

Mengapa rambut ada yang beruban?
Mengapa rambut ada yg beruban?
Rambut dapat memutih ato kita sebut dengan 'uban' sebab pada usia tua, pigmen melanin padanya tak lagi terbentuk.

Take it from: apakabardunia.com
Lihat juga: